Kajian Asrama Al Uswah MAN 1 Sleman, Tanda Kehidupan di Tulang Ekor

Image
Guru Belajar
Agama | Saturday, 05 Feb 2022, 15:04 WIB

Substansi dari ajaran islam adalah berusaha untuk membuat orang lain bahagia. Ingkar janji pasti membuat orang lain kecewa. Ini sesungguhnya pesan substansi dari Q.S Al-Baqarah: 27.

Hal tersebut disampaikan Drs.H.Soir,M.S.I, Kepala Madrasah (Kamad) ketika menyampaikan materi kajian Jumat. Kajian yang diselenggarakan di Asrama Al Uswah MAN 1 Sleman, Jumat (4/2/2022). Kajian Jumat merupakan salah satu program kerja asrama ini wajib diikuti semua siswa yang tinggal di asrama sejumlah 60 siswa.

“Maka dalam kehidupan ini hendaklah senantiasa memberikan harapan kebahagian. Kebahgiaan yang sesungguhnya adalah ketika kita dapat membahagiakan orang lain. Senang melihat orang lain senang , Sedih melihat orang lain sedih. Jangan senang melihat orang lain sedih. Sedih melihat orang lain senang, apalagi senangnya membuat orang lain sedih,” papar Kamad

Seain itu , ia menjelaskan bahwa tanda-anda kehidupan itu berada di tulang ekor. “Adalah Ibrahim al-Baijuri dalam kitab Tuhfatul Murid, Hasyiyah Jauharut Tauhid, menjelaskan bahwa ketika seseorang meninggal dunia, maka seluruh jasadnya hancur, kecuali bagian tulang ekor (brutu). Sedangkan teori atomistik Asy’ariyah menyatakan ketika Allah menciptakan atom suatu tubuh, Dia juga menciptakan aksiden-eksiden yang membuatnya ada. Pada momen otom ini musnah, dia menggantinya dengan atom yang sama, dengan menciptakan aksiden-aksiden yang sama pula,”lanjutnya.

“Teori atomistik Asy’ariyah ini, sejalan dengan pemikiran al-Baejuri dalam menjelaskan hari kebangkitan, kedua berada pada titik temu, bahwa ‘sisa’ tulang ekor (brutu) itu merupakan eksistensi atom dan aksiden-aksidennya, yang kala ketika Allah membangkitan manusia, tinggal menghidupkan kembali atom dan aksiden-aksidennya,” pungkasnya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Pastikan Dapur Dalam Keadaan Bersih, Lapas Purwokerto Lakukan Inspeksi Hygiene Sanitasi

Image

Opini tentang APBN 2022

Image

Menelaah lebih dalam mengenai Konsep dalam Bisnis Syar'iah

Image

Tambahan Pelunasan Utang Karena Ta'widh dalam Ekonomi Syariah apakah Termasuk Riba?

Image

Opini tentang APBN 2022

Image

Rori Perwira Jadi Calon Kuat Ketum Imarindo

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image