Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Siti Rofingah

Pengembangan Potensi Siswa: Guru BK MTsN 3 Bantul Tangkap 5 Hal yang Perlu Diperhatikan

Eduaksi | Saturday, 05 Feb 2022, 15:02 WIB

 

Dr. Sigit Sanyata, M.Pd. memaparkan materi sarasehan di Aula MAN 2 Bantul

Bantul (DIY) – Pengembangan Potensi Siswa Menuju Madrasah/Sekolah Berprestasi merupakan tema Sarasehan Guru BK MTs/SMP se-Kabupaten Bantul Tahun 2022, Sabtu (05/02/2022) di Aula MAN 2 Bantul. Pemaparan materi oleh Dr. Sigit Sanyata, M.Pd. salah satu Dosen Universitas Negeri Yogyakarta yang juga menjabat sebagai Ketua Program Studi Bimbingan dan Konseling FIP UNY.

Menurut KBBI, yang dimaksud dengan potensi adalah kemampuan yang mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan. Potensi juga berarti kekuatan, kesanggupan, atau daya. “Semua anak memiliki potensi yang beragam”, ungkap Sigit. Seorang guru maupun orang tua harus bisa menganggap bahwa setiap anak berdaya.

Peserta sarasehan melontarkan beberapa pertanyaan pada sesi tanya jawab

Guru terkadang terfokus pada kesuksesan akademik dan administrasi. Padahal saat mendampingi siswa, guru BK perlu memperhatikan perkembangan setidaknya 5 hal berikut: (1) fisik; (2) intelegensi-bakat; (3) potensi psikologis (kepribadian-sikap-minat-motivasi); (4) potensi actual (akademik-kebiasaan); dan (5) potensi religius.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image