Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Puji Lestari

Guru IPA MTsN 3 Bantul Aktif Ikuti KKG 1 Penyusunan Alat Penilaian

Eduaksi | Friday, 04 Feb 2022, 20:10 WIB

Bantul (MTsN 3 Bantul) – Guru IPA MTs Negeri 3 Bantul berpartisipasi aktif dalam Kegiatan Kolektif Guru (KKG) 1 MGMP IPA MTs Kab Bantul, Rabu (2/2) di MTsN 6 Bantul. Mereka adalah Erna Yuni Astuti S.Pd., Suharmanto, S.Pd., dan Puji Lestari, S.Pd. “KKG 1 berupa Penyusunan alat Penilaian yang meliputi pembuatan kisi-kisi dan soal PAT kelas 7,8 serta Pembuatan kisi-kisi dan soal UMAD kelas 9. KKG 1 terdiri dari tiga kegiatan yaitu pemetaan materi, penyusunan kisi-kisi dan Penyusunan soal”, begitu papar dari Puji Lestari, S.Pd. selaku koordinator Perencanaan dan pelaksanaan Program MGMP IPA MTs.

Ketua MGMP IPA MTs Bantul, memberikan sambutan dan pengarahan

“Kegiatan MGMP IPA kali ini dipimpin oleh Ketua 2, Nurhidayati, S.Pd. dengan didampingi sekretaris, Suharmanto, S.Pd. Setelah penjelasan dari ketua MGMP, selanjutnya membentuk kelompok-kelompok sesuai jenjang kelas yang diajar. Kisi-kisi telah dibuat oleh Tim yang sudah ditentukan, selanjutnya didiskusikan pada kelompok guru-guru IPA per jenjang. Tak ketinggalan, guru IPA MTsN 3 Bantul, langsung menuju kelompoknya masing-masing. Erna Yuni, kelompok kelas 7, Suharmanto kelompok kelas 8, dan Puji Lestari kelompok kelas 9.

Kerja kelompok Guru Kelas 9

Proses pembahasan kisi-kisi berlangsung seru namun serius, hingga target kegiatan hari itupun tercapai dan dilanjutkan kegiatan dua pekan ke depan. Baik soal PAT maupun UMAD, nantinya diharapkan terdapat beberapa soal HOTS (Higher Order Thinking Skills). Kenapa perlu mencantumkan soal HOTS, walaupun hanya beberapa soal ? Hal ini dikarenakan untuk menguji kemampuan siswa mulai dari tingkat analisis sampai menciptakan, agar siswa nantinya dapat bersaing di era global, papar Erna Yuni sebagai guru senior yang telah memiliki banyak pengalaman dalam penyusunan soal evaluasi

Kerja kelompok Guru Kelas 8

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image