Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Guru Belajar

Manfaatkan Sampah, Tiga Guru Kimia MAN 1 Sleman Ikuti Pelatihan Pengolahan Sampah

Eduaksi | Thursday, 03 Feb 2022, 22:21 WIB
dari Kiri: Hanwasti, Dwi Wantono, Merry Nirwana Rini, Praptiningsih

Tiga Guru Kimia MAN 1 Sleman ( Hanwasti, M.Pd, Merry Nirwana Rini, S.Pd.,M.Pd dan Praptiningsih, S.Si).bersama guru Kimia yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata pelajaran (MGMP) Kimia MA D.I.Yogyakarta mengikuti pelatihan pengolahan sampah di Guwosari Training Centre (GSTC) di Dusun Bunsing, Kalurahan Guwosari Kapanewon Pajangan Kab. Bantul, Kamis (3/2/2022). pelatihan dalam rangka meningkatkan kemampuan pengelolaan sampah di madrasah dihadiri perwakilan dari pabrik plastik, Dwi Wantoro, Staf Ahli Pengelolaan Sampah Plastik.

Maria Ana Sri Asih, PhD Dosen Fak Teknik Industri UGM, Narsum materi Pengelolaan Sampah Plastik mengatakan bahwa dari plastik dapat diolah kembali menjadi plastik. Pengolahan sampah organik limbah rumah tangga menjadi pupuk cair.

Sedangkan Nani widuri sebagai Narsum pengelolaan ECO Enzim memaparkan pembuatan ECO enzim yang berbahan baku sampah kulit buah dan sayur segar merupakan salah satu dari solusi masalah sampah organik. Nani juga menyampaikan bahwa ECO enzim sebagai bagian dari pendidikan lingkungan hidup menuju sekolah Adiwiyata.

“Bahan baku Eco enzim adalah sampah buah dan sayur yang masih layak dimakan, kemmudian dicuci bersih di campur dengan molase dan air dengan perbandingan 1 liter molase, 3 kg buah/sayuran dan 10 liter air, direndam selama 3 bulan. ungkapnya

“Sampah buah buahan yang masih relatif bagus di fermentasi dengan molase, didapat cairan dengan kemanfaatan yang tinggi, dapat untuk menetralkan polusi udara, pencemaran air dan kerusakan tanah struktur tanah pertanian dan dapat dijadikan sebagai terapi berbagai ganguan kesehatan badan,”lanjutnya.

Sementara itu, Hanawasti mengaku tertarik mengikuti pelatihan GSTC. Menurutnya di pusat pengolahan sampah ini dapat mengetahui bagaimana sampah diolah menjadi pipa pralon, ECO enzim, rafia, sedotan. Dan sampah baju bekas dapat diolah menjadi pot tanaman. Sementara Merry dan Prapti .mengatakan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat jika bisa dikembangkan di madrasah. “ Tidak rugi mengikuti pelatihan pengolahan sampah dari hulu ke hilir berupa pengolahan plastik menjadi paralon PVC. Pabrik plastik sebagai implementasi dari materi polimer dan makromolekul,”kata Mery

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image