Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Drajad Dwi

Tips Saat Berhadapan Dengan Kiper Ketika Situasi Satu Lawan Satu dalam Futsal

Olahraga | 2022-02-03 11:49:41

Pemain diposisi manapun memiliki potensi untuk bisa mencetak gol ketika bermain futsal. Dan setiap peluang tentu sangat penting untuk bisa menghasilkan gol. Namun, dalam situasi tertentu saat akan mencoba mencetak gol bisa saja tinggal menghadapi kiper saja di area pertahanan lawan atau biasa di kenal situasi satu lawan satu.

Walaupun peluang untuk mencetak gol sangat besar ketika dalam situasi satu lawan satu dengan kiper, namun tetap saja potensi untuk digagalkan kiper lawan juga bisa terjadi. Untuk itu perlu dipelajari beberapa tips untuk menaklukan kiper ketika dalam moment situasi satu lawan satu. Yuk langsung di simak saja tips berikut.

1. Tendang Bola Ke Pojok Bawah

Teknik ini bisa dikatakan menjadi cara terbaik untuk menciptakan gol dalam situasi satu lawan satu. Namun yang perlu di perhatikan adalah jika posisi penyerang mendapat situasi ini dari posisi samping gawang dan bukan dari tengah. Biasanya kiper lawan akan sulit untuk mengatisipasi tendangan seperti ini, terlebih diarahkan ke tiang jauh.

2. Tendang Bola Dekat Dengan Poros Kaki Kiper

Untuk melakukan ini tidak perlu dengan tendangan kuat. Cukup dengan akurasi yang tepat dan dilakukan dengan sempurna. Akan sangat sulit bagi kiper untuk bereaksi menghadapi bola yang ditendang dengan sangat dekat dengan poros kakinya.

3. Tendang Melewati Sela-sela Kaki Kiper

Dalam situasi satu lawan satu, biasanya kiper akan mencoba menutup semua ruang tembak yang bisa diarahkan kegawang. Biasanya dilakukan dengan melebarkan kaki dan tangan. Dalam situasi ini, cara yang efektif untuk mencetak gol dengan mengarahkan bola melewati sela-sela kaki kiper. Tidak perlu tendangan keras, namun akurasi yang tepat hingga mampu melewati sela sela kiper.

4. Tendangan Tipuan

Tendangan ini juga efektif untuk mencetak gol dalam situasi satu lawan satu. Namun biasa dilakukan saat penyerang memiliki waktu yang cukup untuk melakukannya. Tendangan tipuan adalah cara efektif agar kiper mengatisipasi bola ke arah yang berlwanan dengan sasaran yang kita tuju. Tapi jangan lakukan tendangan ini bila ada pemain lawan dekat dibelakang kita, karena bisa saja bola mampu direbut dahulu.

5. Mencongkel Bola

Cara ini memang jarang terjadi dalam futsal, karena hanya bisa dilakukan ketika kiper posisinya terlalu jauh dari gawangnya. Namun hal ini tetap saja bisa terjadi sewaktu waktu. Dan dalam situasi ini, cara yang efektif untuk mencetak gol dengan mencongkel bola melewati kiper. Namun perlu diingat, faktor yang paling penting tentu akurasi ketinggiaan dan kekuatan tendangan.

Sumber: guruolahraga.com

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image