Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Alinea Sentosa

Contoh Soal Materi Tekanan Zat Padat Disertai Pembahasan

Eduaksi | Friday, 28 Jan 2022, 23:30 WIB

Soal tekanan zat padat - Tau ga sih kalo tekanan pada benda sebanding dengan besarnya gaya. Artinya semakin besar gaya atau gaya dorong yang diberikan pada benda tersebut, maka semakin besar pula tekanan yang dihasilkan.

Sebaliknya tekanan berbanding terbalik dengan luas bidang tekan, dimana semakin besar luas bidang tekan suatu benda maka semakin kecil tekanan yang dihasilkan. Dari pembahasan ini, tekanan benda padat itu sendiri dipusatkan pada gaya dan luas medan tekan.

Tekanan ialah istilah fisik yang digunakan untuk menyatakan besarnya gaya per satuan luas. Perlu diperhatikan bahwa gaya yang dimaksud di sini adalah gaya yang tegak lurus terhadap permukaan benda. Penggunaan umum tekanan adalah untuk mengukur kekuatan suatu zat dalam bentuk cair atau gas.

Benda padat adalah zat atau benda yang bentuk dan volumenya tetap. Contoh; marmer, balok kayu, batu, ubin, jeruji besi, dinding, dll.

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana seorang pesulap bisa duduk di bangku dengan banyak paku dan tidak ada satu paku pun yang menusuk ke bagian tubuh pesulap. Itu karena permukaan kuku lebar, sehingga tekanannya lemah.

Hal ini tentu saja berbeda, jika kuku hanya sebagian kecil, pasti akan menembus tubuh karena tekanannya sangat tinggi. Masih bingung tentang solid pressure, maka ada baiknya menyimak 8 jenis contoh solid pressure di bawah ini dan pembahasannya.

Contoh Soal Tekanan Zat Padat

Kalo kamu lagi nyari contoh soal tentang materi tekanan zat padat, dibawah ini kami memiliki beberapa rekomendasi terbaik yang wajib banget kamu liat.

1. Sebuah benda mempunyailuas alas 0,2 m2 bertekanan 100 N/m2. Maka berapakah gaya yang bekerja pada benda itu?

Penyelesaian:

Diket:

p = 100 N/m2

A = 0,2 m2

Dit: F?

Maka:

p = F/A

F = p x A = 100 N/m2 x 0,2 m2 = 20 N

2. Seseorang mendorong sebuah mobil dengan kedua tangannya dengan gaya sebesar 90 N. Bila luas telapak tangan adalah 150 cm2, maka berapakah tekanan yang diberikan murid tersebut?

Penyelesaian:

Diket:

F = 90 N

A = 2 x 150 cm2 = 300 cm2 = 0,03 m2

Dit: p?

Maka:

p = F/A

p = 90 N/0,03 m2 = 3.000 N/m2

Untuk pembahasan lebih lengkapnya kamu bisa mendapatkan lebih banyak soal dan pembahasan terkait materi tekanan zat padat melalui link dibawah ini!!

Soal Dan Pembahasan Tekanan Benda Padat 1 > DISINI

Soal Dan Pembahasan Tekanan Benda Padat 2 > DISINI

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar
 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image