Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Puji Lestari

Tebar Bibit Lele, Upaya Perkuat Jiwa Wirausaha Siswa MTsN 3 Bantul

Eduaksi | Monday, 24 Jan 2022, 22:18 WIB

Jiwa wirausaha yang bercirikan kemandirian perlu ditumbuh kembangkan di kalangan siswa. MTsN 3 Bantul telah melakukan hal ini dengan berbagai upaya. Salah satunya adalah kegiatan 'budiksamber" yaitu budidaya ikan dan sayur dalam ember, yang telah berjalan setahun lebih.

Sabtu, 22 Januari 2022 telah dilakukan lagi tebar bibit lele oleh beberapa siswa MTsN 3 Bantul yang didampingi oleh Sudarmi, S.Pd. Tebar bibit lele dilakukan pada 10 ember budidaya yang bertebaran di halaman madrasah. Ini merupakan tebar bibit yang ke empat sejak dilakukan budidaya.

Setiap ember diisi 30 bibit lele. Benih ideal ikan lele berukuran seragam, antara 5-7 cm, memiliki tubuh seimbang antara kepala dan badan, tubuh mengkilap, dan gerakannya lincah. Begitu paparan dari Sudarmi, S.Pd. sebagai pendamping adiwiyata sekaligus guru bahasa Inggris di madrasah hijau MTsN 3 Bantul.

Sudarmi menambahkan bahwa dari kegiatan budiksamber ini telah beberapa kali dilakukan panen sayur kangkung dan ikan lele. Baik kangkung maupun ikan lele hasil panen semula dijual kepada bapak ibu guru dan pegawai. Namun pada panen ikan lele terakhir telah dilakukan sebuah inovasi berupa pengolahan ikan lele menjadi “Crisle” crispy lele dan “Bonlega” yaitu abon lele MTsN 3 Bantul.

Sementara itu, pendamping lainnya, Puji Lestari, S.Pd menyatakan bahwa pemilihan jenis ikan ini dikarenakan ikan lele terbukti memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan jenis ikan lainnya. Keunggulan-keunggulan tersebut antara lain ikan lele mudah perawatannya serta hemat air.

Ikan lele juga memiliki kemampuan bertahan hidup yang tinggi meski dalam wadah dengan oksigen dan air terbatas. Bahkan ikan lele dapat bertahan hidup di kondisi air yang kurang baik. Selain sebagai upaya menumbuhkan jiwa kewirausahaan, Budiksamber juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran IPA. Begitu, penjelasan tambahan dari Puji lestari, S.Pd yang juga merupakan salah satu guru IPA di Matsaga, sebuatan lain dari MTsN 3 Bantul. (Pjl)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image