Tips dan Panduan Dalam Memilih Helm Sepeda yang Nyaman dan Aman

Image
Drajad Dwi
Olahraga | Monday, 24 Jan 2022, 11:31 WIB

Bersepeda merupakan salah satu olahraga dengan banyak penggemar. Kegiatan ini perlu berbagai penyerta seperti jersey dan helm sepeda. Selain itu pada masa pandemi, penting juga untuk memperhatikan berbagai protokol kesehatan agar pengendara selalu aman.

Tips dalam Memilih Helm Sepeda

Kegiatan bersepeda menjadi semakin populer pada masa pandemi ini. Tujuan pengendara melakukannya adalah untuk membuat tubuh menjadi lebih bugar sehingga daya tahan tetap baik. Sistem imun yang baik itu akan mencegah infeksi corona. Berikut tip memilih helm untuk pelindung:

Perhatikan Strukturnya

Helm sepeda memiliki berbagai jenis dengan struktur yang mempunyai beberapa perbedaan pula. Bagi Anda pengendara baru dan ingin membeli pelindung kepala, hal ini sangat perlu untuk mendapat perhatian lebih. Lakukan pertimbangan sebelum membeli.

Pelindung kepala pesepeda memiliki beberapa struktur penyusun yang dapat mempengaruhi kenyamanan pemakainya. Contohnya adalah bagian padding dan shell. Bagi pemula, simaklah uraian berikut untuk menambah pengetahuan:

Padding atau Liner

Padding pada helm sepeda merupakan komponen yang sangat penting keberadaannya. Bagian ini bertugas untuk menyerap tekanan serta menyalurkannya saat pengendara mengalami benturan. Struktur ini bertujuan agar pengaruh bagi tengkorak dan leher bisa berkurang.

Ada banyak sekali produsen helm sepeda yang menjamah pasaran. Tentu setiap pemilik usaha mempunyai pilihannya masing-masing dalam hal padding. Beberapa lebih suka menggunakan struktur busa. Namun, tak sedikit pula pembuat berbentuk seperti tali. Berikut beberapa teknologinya:

1) Shearing Pads Inside (SPIN)

Teknologi SPIN pada helm sepeda ini berupa fitur padding dengan menggunakan bahan berupa silikon gel. Selain meminimalisir benturan, struktur ini juga mampu memperkecil kemungkinan kepala memutar saat cidera.

2) Multi-directional Impact Protection System (MIPS)

Satu lagi teknologi padding yang cukup populer dan pengaplikasiannya banyak pada berbagai merk helm sepeda. MIPS memiliki tambahan lapisan tipis sehingga memungkinkan shell sedikit bergeser tanpa menimbulkan putaran pada tengkorang saat ada benturan.

3) Wave Cel

Teknologi yang satu ini menggunakan struktur sarang lebah (honeycomb) pada pemasangan paddingnya. Bentuknya berupa lapisan dengan pori-pori dari bahan berupa sintetis. Fungsi wave cel ini adalah untuk menyerap getaran dan juga menahan adanya geseran pada kepala saat benturan.

Shell

Shell merupakan struktur helm sepeda yang berupa lapisan paling luar. Tujuan adanya bagian ini tentu untuk memberikan perlindungan bagi kepala pengendara dari berbagai gangguan seperti benturan kuat hingga tusukan.

Bahan penyusun shell ini cukup beragam, tergantung pada keinginan produsennya. Beberapa contohnya adalah kevlar, fiberglass, PC (Polycarbonate), hingga plastik ABS. Bagi Anda yang ingin mengendarai sepeda saat corona, penting memperhatikan struktur ini.

Standar Helm

Sebagai pelindung kepala dari berbagai gangguan, helm juga memiliki standar khusus yang menyatakan kelayakannya untuk menutupi kepala pengendara. Tujuannya tentu untuk menilai apakah suatu produk mampu menjalankan fungsinya.

Ventilasi

Layaknya sebuah jendela, helm sepeda juga memiliki bagian dengan nama ventilasi. Tujuan adanya struktur ini adalah agar udara dapat masuk sehingga pengguna merasa sejuk dan keringat dapat menguap. Namun, jika semakin banyak maka kekuatan perlindungan akan menurun.

Hair Port

Beberapa pengendara sepeda biasanya memiliki rambut panjang. Struktur Hairport ini memungkinkan posisi nyaman bagi pengguna yang mengikatnya. Ada lubang pada bagian belakang dengan ukuran pas.

Visor

Saat pandemi ini, pengendara sepeda memiliki waktu berbeda-beda untuk mengendarainya. Struktur visor hadir sebagai pelindung mata dari cahaya yang menyilaukan. Fitur ini juga bisa bertindaak sebagai penahan angin.

Straps

Strap atau tali pengikat helm ini merupakan bagian yang juga penting bagi pengendara sepeda. Tujuan adanya struktur itu adalah agar tidak penutup kepala tetap berada pada tempatnya bahkan saat ada benturan sekalipun.

Sensor Helm

Zaman semakin canggih. Helm sepeda pun memiliki bagian yang semakin beragam. Salah satunya adalah sensor. Contohnya adalah AGNi crash, dengan fitur ini seseorang akan menerima informasi saat ada benturan.

Full face

Dari beberapa jenis helm sepeda, ada tipe yang cukup berbeda dari lainnya yaitu varian full face protection atau perlindungan seluruh wajah. Tujuannya tentu untuk melindungi pemakainya. Pengendara bebas memilih apakah akan memakainya atau tidak.

Perhatikan Ukurannya

Dalam memilih barang pakai apapun, ukuran menjadi salah satu poin yang sangat penting untuk menjadi bahan pertimbangan. Jangan hanya melihat design tetapi besar kecilnya helm sepeda harus sesuai dengan kepala pemakainya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Seorang Blogger yang menyukai dunia bisnis dan internet marketing

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Sekelumit Kisah Keluarga Multiculture

Image

Jangan Ngaku Santri Kalo Belum Pernah Ngalamin 5 Hal ini

Image

IPhone 14 akan dirilis di acara Apple pada 13 September 2022

Image

Sebelum Lepas Masker di Keramaian, Kamu Wajib Tahu 3 Hal Penting Ini

Image

Album ke-7 The Rain: Mereka Bilang Kita Terjebak Bersama

Image

Begini Seluk Beluk Outsourcing & Keuntungannya

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image