Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image jok

Menyiapkan Infrastruktur Sepeda di Kawasan Perkotaan

Gaya Hidup | Monday, 04 Dec 2023, 11:48 WIB
Infrastruktur untuk pesepeda dibutuhkan untuk ikut mendorong warga agar lebih mau bersepeda. Foto: dokumentasi pribadi.

Ketersediaan infrastruktur sepeda menjadi salah satu elemen krusial yang mampu mendorong warga memilih sepeda sebagai sarana transportasi sehari-hari. Keberhasilan Kopenhagen, Groningen,dan Portland menjadi Kota Sepeda antara lain karena pengelola kota-kota tersebut mampu menyediakan infrastruktur sepeda secara prima.

Infrastruktur sepeda berupa jalur khusus untuk para pesepeda (bike lane), misalnya, sangat dibutuhkan demi menjamin kenyamanan dan keselamatan para pesepeda. Jalur khusus bagi pesepeda perlu diperbanyak dan diperpanjang.

Adapun Jalur-jalur khusus sepeda yang telah ada mesti rutin dirawat. Pelanggaran atas jalur sepeda, seperti untuk kepentingan berdagang atau parkir mobil, wajib ditindak tegas.

Tapi, bukan cuma bike lane yang perlu disediakan. Infrastruktur lainnya juga tak boleh ketinggalan. Contohnya, sarana parkir sepeda. Dengan demikian, para goweser tidak kebingungan atau kerepotan ketika mereka telah sampai di suatu tempat dan harus memarkir sepeda mereka.

Tempat-tempat publik dan fasilitas publik seperti taman kota, perpustakaan, kampus perguruan tinggi, sekolah, rumah sakit, rumah ibadah, gedung pertemuan, pusat perbelanjaan, kantor pemerintah, seyogianya mulai menyediakan lahan parkir buat sepeda.

Khusus untuk kampus perguruan tinggi dan sekolah, tidak ada salahnya apabila diwajibkan memiliki lahan parkir sepeda. Ini guna menyokong gerakan bike to campus dan bike to school. Pengelola sekolah perlu mendorong agar siswa-siswinya menggowes sepeda, ketimbang menunggang sepeda motor dan naik mobil.

Keberadaan pangkalan sewa sepeda alias bike sharing perlu pula diperbanyak untuk mengakomodir mereka yang tidak memiliki atau tidak membawa sepeda, namun ingin bersepeda.

Mengingat kita berada di daerah tropis, di mana matahari bersinar sepanjang tahun, infrastruktur hijau berupa pohon-pohon rindang peneduh jalan mutlak pula dibutuhkan untuk membikin nyaman para pesepeda.

Pohon-pohon berdaun rimbun yang berjejer di kanan dan kiri jalan, sehingga membentuk kanopi, selain membuat suasana terlihat asri, juga akan membikin hawa lebih adem dan lebih segar.

Tak kalah penting insentif untuk para goweser, mereka yang ngantor atau ngampus maupun yang berangkat ke sekolah dengan sepeda nyata-nyata memberi manfaat bagi lingkungan. Pemerintah, bekerjasama dengan perusahaan, pihak kampus maupun sekolah, mestinya memberikan insentif bagi mereka.

Insentif bisa berupa keringanan pajak, pemberian allowance, asuransi kesehatan, ataupun bonus-bonus yang menarik dan bermanfaat lainnya.***

--

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image