Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Gibran Ceritakan Kisah Inspiratifnya Sebelum Masuk UAD

Edukasi | Thursday, 12 Sep 2024, 08:31 WIB
Muhammad Analta Gibransyah mahasiswa baru Universitas Ahmad Dahlan (UAD) tahun 2024 Program Studi Ilmu Hukum (Dok. Ulin)

Muhammad Analta Gibransyah, adalah mahasiswa baru tahun 2024 Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang masuk melalui jalur Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP-K) UAD. Laki-laki yang akrab dipanggil Gibran ini memiliki latar belakang yang gemilang, karena merupakan pelajar yang aktif berorganisasi dan juga berprestasi.

Ia dipercaya menjadi ketua OSIS, ketua English Club, dan aktif berkegiatan di luar sekolah seperti menjadi Jajaka Kabupaten Bogor 2024, Duta Hukum & HAM Provinsi Jawa Barat 2023 sekaligus Top 10 Brand Ambassador Forum Pelajar Sadar Hukum & HAM Jawa Barat, menjadi Duta Pendidikan Forum OSIS Jawa Barat Wilayah 1, hingga menjadi Head of Department Creative and Communications di Forum Mandala Siswa.

Selama tiga tahun terakhir di SMK, Gibran aktif mengabdikan diri saya sebagai volunteer English teacher (pengajar sukarelawan) di salah satu komunitas sosial yaitu “Komunitas Peduli Pendidikan Anak Jalanan dan Yayasan Pendidikan Mata Pena”. Harapannya yakni dapat memutus suatu lingkaran kemiskinan di masyarakat melalui pendidikan anak-anak dan pengembangan skill pemuda. Tidak hanya aktif dalam berorganisasi, selama di bangku SMK ia berturut-turut berhasil menjadi juara I di kelas hingga menjadi Lulusan Terbaik di sekolah.

Gibran juga kerap menjuarai kompetisi, ia berhasil mendapatkan tiga beasiswa selama di bangku SMK berdasarkan prestasi dari sebuah perusahaan, dan juga yayasan. Kejuaraan yang pernah ia raih antara lain penerima penghargaan Pemuda Motekar di acara Anugerah Panca Abipraya 2024, 1st Winner Duta UIKA Champions League 2023, Best Advocacy and Vidio Profile Duta Kesehatan Provinsi Jawa Barat 2023, Semi Finalist Duta Siswa Indonesia 2023, 5th Runner Up dan Best Intelligence Mister Teen Provinsi Jawa Barat 2022, dan Silver Medal Kata Karate tingkat Provinsi Jawa Barat dalam kejuaraan Ade Yasin se-Jawa Barat.

“Seperti yang kita ketahui bahwa UAD telah menjadi salah satu best private university di Yogyakarta bahkan Indonesia, dan saya percaya di balik suatu universitas yang unggul terdapat dosen-dosen dan orang-orang hebat. Inilah yang menjadi motivasi saya untuk kuliah di UAD, karena saya ingin belajar dan berkembang lebih jauh lagi dengan dibimbing oleh orang-orang hebat yang ada di UAD. Ke depannya saya sangat percaya bahwa UAD akan menjembatani saya mencapai setiap goals hidup saya dan akan membawa saya terbang lebih jauh untuk bisa mencapai purpose dan cita-cita saya,” ungkap Gibran.

Melalui pengalamannya selama tiga tahun terakhir sebagai volunteer English teacher, membuatnya termotivasi untuk selalu give back to the community. Maka dari itu, ia berharap setelah lulus dari UAD dapat melanjutkan kegiatan sosial, bahkan membuat komunitas sosialnya sendiri dan membuat proyek-proyek yang bisa berguna untuk masyarakat, sambil melanjutkan perjuangan mencapai impian-impian lainnya.

“Melalui beasiswa ini saya harap saya dapat mengembangkan segala potensi dan kekuatan yang saya miliki. Semoga saya juga dapat meningkatkan keterampilan 5C saya, yaitu creativity, critical thinking, communication, collaboration, dan character sehingga nantinya dapat menjadi pemuda yang berdaya yang dapat memperdayakan orang lainnya yang memiliki IQ, EQ, PQ, SQ yang baik,” tambahnya.

Kisah Gibran sebagai mahasiswa baru yang memiliki mimpi dan tekad kuat untuk berproses bersama UAD ini, tentunya akan memberi pengaruh positif bagi Dahlan Muda yang akan sama-sama berjuang di UAD. “Pesan saya untuk teman-teman generasi muda khususnya Dahlan Muda, tetaplah menjadi seseorang yang curious, gali dan kembangkan setiap potensi dan bakat yang kalian miliki. Dan jangan pernah takut untuk bermimpi, Cause if you can dream it you can make it,” tutup Gibran dalam wawancaranya. (Uln)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image