Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image taufik sentana

Cara Bebas dan Mudah Menulis Puisi

Sastra | Monday, 26 Aug 2024, 21:44 WIB

Cara Mudah Menulis Puisi

===

Salah satu praktik yang sering kami gunakan adalah free writing. Menulis bebas. Yaa..memang mudah. Namun tetap membutuhkan konsep, kecepatan, ketepatan dan kohesi pengalaman.

Yang dimaksud pengalaman adalah, cara kita menyajikan suatu peristiwa dalam mental kita hingga menjadi wujud puisi. Atau bagaimana agat di dalam puisi itu terbangun satu peristiwa imaji.

Sejalan dengan free writing adalah, upaya merekayasa puisi dengan tanpa sintaksis. Ini suatu paradoks dan mungkin super absurd.

Namun model ini tetap mewakili perspektif penyair terhadap pengalamannya. Atau ia ingin mengajak audiens untuk suatu ruang kata dan ruang visual yang luas dan menyegarkan.

Lazimnya puisi akan membangun sintaksis antar baitnya. Namun untuk puisi yang dimaksud di atas, puisi itu terasa liar dan multiefek.

Misal....

Hujan turun. Dan membuka kulkas. Kumpulan rempah rempah dalam sebuah notes. Yang ditulis jauh hari sebelum semua berangkat. Dan membuka jendela. Mengambil sebaris hujan sambil menakar kandungan asam dan logam.

Begitulah. Cara pemuisi menyampaikan pesannya sangat beragam. Tergantung motif, sejarah dan cara pandang penyair terhadap tugas hidupnya.

Pesan pesan itu bisa langsung atau dengan satire dan bahasa yang dipilih dengan metafora dan simbol simbol estetisnya. Itu sesuka si penyair sambil menjaga jarak dengan kondosi riil masyarakat.

Maka bisa saja puisi itu beralih rupa dalam ragam bentuk baru. Entah cerita. Lagu atau suatu visual yang dapat dipamerkan lebih luas dan dalam.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image