Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image virgafirdaus sanjaya

Siapa Temanku Sebenarnya? Yang Pernah Ada, atau Sekadarnya

Gaya Hidup | Friday, 23 Aug 2024, 06:05 WIB

Siapa temanku sebenarnya?

Yang pernah ada, atau sekadarnya.

Teman bagaikan sebuah Katana. Siapa yang bisa menggunakannya dengan tepat, selamat engkau adalah orang yang hebat, pun sebaliknya. Dalam kitab az-Zahir menjelaskan bahwa memilh teman adalah hak segala bangsa, tetapi kau harus mengerti, teman sesungguhnya ialah seseorang yang mengajak kau selalu mengangkat kedua tangan, tuk menunjukkan kau hamba yang tidak berdaya, dan hanya allah lah yang bisa membantumu di kondisi apapun juga.

Kita kadang salah presepsi, mengira teman sejati adalah seseorang yang satu frenkuensi. Padahal, sudah beribu cerita teman yang sekadarnya, bisa menghancurkan masa depan dan segalanya. Imam Subki Menjelaskan dalam kitab Tashfiyatul Qulub “ Teman itu ada dua: Ada yang berupa teman yang mengajakmu untuk lupa akan rabbnya, dan ada yang menarikmu untuk menghabiskan segala waktumu hanya karna Allah SWT. Namun, jika salah dari temanmu adalah orang yang membuatmu lupa, maka tinggalkanlah. Tetapi, jika temanmu adalah orang yang membuatmu ingat akan allah, maka peluklah dengan erat, jangan sampai lengah”.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image