Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Kegiatan Tabur Bunga untuk Penghormatan Pahlawan di Malam Kemerdekaan Padukuhan Sembung

Momen | 2024-08-17 13:15:15

Sembung, 17 Agustus 2024 – Malam kemerdekaan selalu menjadi momen istimewa bagi masyarakat untuk berkumpul dan merayakan hari bersejarah ini. Biasanya, perayaan diisi dengan doa bersama, makan malam, serta bernyanyi lagu-lagu nasional dalam tradisi yang dikenal dengan tirakatan.

Kali ini dalam menyambut HUT RI ke-79 di Padukan Sembung, RT 1 dan RT 2 merayakan kemerdekaan dengan penuh semangat. Kegiatan ini tidak hanya mempererat silaturahmi antarwarga, tetapi juga menjadi ajang untuk bersama-sama merayakan hari bersejarah. Tak hanya itu, warga juga melaksanakan tradisi lek -lekan yaitu tidak tidur semalaman hingga pukul 00.00, untuk berkumpul dan melanjutkan dengan kegiatan tabur bunga.

Tabur bunga merupakan bentuk penghormatan kepada pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia. Pahlawan tersebut pernah bersembunyi di desa Sembung namun akhirnya meninggal karena terjebak dalam perangkap kedelai hitam. Beliau dimakamkan di desa ini, dan setiap 17 Agustus, seluruh warga Sembung melaksanakan upacara tabur bunga sebagai bentuk penghargaan terhadap jasa-jasa beliau.

Kegiatan ini selaras dengan tujuan SDGs Desa nomor 18, yakni Kelembagaan Desa Dinamis dan Budaya Desa Adaptif, yang mendukung pelestarian budaya lokal dan penguatan komunitas dalam membangun semangat seperti pahlawan bangsa dengan melanjutkan nilai-nilai perjuangannya.

Penulis: Crosita Dewi

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image