Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Dosen PG-PAUD FIP UNJ
Edukasi | 2024-08-08 23:15:40
Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Dosen PG-PAUD FIP UNJ: Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Bertema “Aku Sayang Bumi”, “Aku Cinta Indonesia”, “Kita Semua Bersaudara”, “Imajinasi dan Kreativitasku” Bagi Pendidik PAUD di Wilayah Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat
Diklat yang mengusung tema “Workshop: Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Bertema “Aku Sayang Bumi”, “Aku Cinta Indonesia”, “Kita Semua Bersaudara”, “Imajinasi dan Kreativitasku” Bagi Pendidik PAUD di Wilayah Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat” merupakan bentuk kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang diselenggarakan oleh Dosen Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Kegiatan ini ditujukan untuk mitra Prodi PG-PAUD UNJ, khususnya bagi pendidik anak usia dini atau guru di Taman Kanak-Kanak dan Satuan PAUD Sejenis yang berada di Wilayah Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat.
Kegiatan ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kompetensi guru PAUD dalam merancang kegiatan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Bertema “Aku Sayang Bumi”, “Aku Cinta Indonesia”, “Kita Semua Bersaudara”, “Imajinasi dan Kreativitasku” sebagai bagian dari implementasi kurikulum Merdeka yang dilakukan dalam bentuk workshop.
Rangkaian Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Bertema “Aku Sayang Bumi”, “Aku Cinta Indonesia”, “Kita Semua Bersaudara”, “Imajinasi dan Kreativitasku” Bagi Pendidik PAUD di Wilayah Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat diselenggarakan secara luring atau tatap muka langsung antara narasumber, fasilitator, dan peserta diklat yang dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 8-9 Juli 2024 di Kantor Kuwu Bulak, Kecamatan Jatibarang.
Pada hari pertama, di tanggal 8 Juli 2024 diawali dengan pemberian materi oleh Dosen PG-PAUD FIP UNJ yaitu Dr, Sri Wulan, M.Si mengenai Konsep Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka pada Tema Imajinasi dan Kreativitasku. Materi tersebut disampaikan melalui presentasi yang berisikan Pengertian Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Pengenalan 6 Dimensi dalam Profil Pelajar Pancasila, Kedudukan Profil Pelajar Pancasila Pada Satuan PAUD, Manfaat dari penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di PAUD, Prinsip-prinsip Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Miskonsepsi Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Alur Perencanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Pengenalan tema besar dalam Profil Pelajar Pancasila dalam satuan PAUD, Matriks Tema Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), serta Program-program Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).
Pada sesi selanjutnya, terdapat pemberian materi oleh mahasiswi PG-PAUD FIP UNJ mengenai Pembedahan Tema “Aku Sayang Bumi”, “ Aku Cinta Indonesia”, “Kita Semua Bersaudara”, “Imajinasi dan Kreatifitasku”. Materi tersebut disampaikan melalui presentasi yang berisikan Pengertian, tujuan, contoh pemetaan, contoh sub tema dan sub-sub tema, tahapan kegiatan projek Mengenai Tema “Aku Sayang Bumi”, “ Aku Cinta Indonesia”, “Kita Semua Bersaudara”, “Imajinasi dan Kreatifitasku”.
Setelah pemberian materi oleh Dosen dan Mahasiswi PG-PAUD FIP UNJ dilanjutkan dengan kegiatan workshop yaitu berupa sesi praktik, peserta diklat secara berkelompok dengan didampingi oleh mahasiswa fasilitator. Kegiatan Workshop berupa Penyusunan Program Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema “Aku Sayang Bumi”, “ Aku Cinta Indonesia”, “Kita Semua Bersaudara”, “Imajinasi dan Kreatifitasku”. Penyusunan rancangan program tersebut berisikan penurunan tema, pemilihan sub tema, sub-sub tema, serta topik, matriks projek, breakdown topik, dan tahapan pengembangan projek.
Pada hari kedua, ditanggal 9 Juli 2024 peserta workshop dapat melanjutkan tugas praktiknya jika dihari sebelumnya belum selesai. Setelah itu akan ada sesi presentasi yang dilakukan peserta workshop oleh masing-masing kelompok, dilanjutkan dengan review hasil kerja kelompok peserta diklat oleh Dosen PG-PAUD FIP UNJ.
Selama kegiatan berlangsung peserta sangat antusias dengan menanyakan lebih detail mengenai Konsep Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka, serta bagaimana cara Menyusun Program Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema “Aku Sayang Bumi”, “ Aku Cinta Indonesia”, “Kita Semua Bersaudara”, “Imajinasi dan Kreatifitasku”. Mahasiswa sebagai fasilitator memberikan arahan dan bimbingan kepada peserta diklat untuk membuat rancangan program pengembangan proyek P5 khususnya pada tema Imajinasi dan Kreativitasku.
Diharapkan dengan adanya kegiatan workshop yang diselenggarakan oleh Program Studi PG-PAUD FIP UNJ yang mengusung tema “Workshop: Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Bertema “Aku Sayang Bumi”, “Aku Cinta Indonesia”, “Kita Semua Bersaudara”, “Imajinasi dan Kreativitasku” Bagi Pendidik PAUD di Wilayah Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat” dapat meningkatkan kompetensi pendidik/guru anak usia dini yang berada di Wilayah Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat khususnya dalam Menyusun program pembelajaran PAUD yang menarik, menyenangkan, serta relevan dengan kebutuhan anak sesuai dengan amanat kurikulum Merdeka.
Disclaimer
Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.