Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhamad Risqi Mei Sonjaya

Tim Pengabdian UMS Beri Pelatihan Sistem Pengelolaan Keuangan Berbasis Website untuk Guru SMP

Eduaksi | 2024-06-28 08:25:06
Tim P2TTG UMS melakukan foto bersama dengan peserta pelatihan sistem pengelolaan keuangan SMP Muhammadiyah Salatiga. (Sumber foto: Yusuf Sulistyo Nugroho)

Salatiga - Pada hari Jumat, 14 Juni 2024, telah dilaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam skema P2TTG (Pengabdian Masyarakat Penerapan Teknologi Tepat Guna) di SMP Muhammadiyah Salatiga. Program ini berupa sosialisasi dan pelatihan sistem informasi pengelolaan keuangan berbasis web yang ditujukan untuk guru dan staf sekolah. Kegiatan ini dihadiri oleh kepala sekolah, guru, dan staf SMP Muhammadiyah Salatiga.

Tim P2TTG yang terlibat dalam kegiatan ini, dipimpin oleh Dr.Eng. Yusuf Sulistyo Nugroho dari Prodi Teknik Informatika UMS, bersama dengan Dr. M. Fahmi Johan Syah dari Prodi Pendidikan Akuntansi UMS, serta dibantu oleh empat mahasiswa Teknik Informatika UMS.

Sistem informasi yang dikembangkan bertujuan untuk mengoptimalkan pengelolaan keuangan sekolah dengan menerapkan konsep akuntansi, menggantikan metode konvensional yang selama ini menggunakan file Excel dan sering menimbulkan kendala.

"Kami mendampingi para guru dan staff SMP Muhammadiyah Salatiga, dalam mengelola sistem keuangan yang semula menggunakan metode konevnsional, kini beralih ke system infromasi berbasis website" ungkap Yusuf Sulistyo.

Ketua Tim P2TTG, Dr. Eng. Yusuf Sulistyo Nugroho (kanan) melakukan serah terima Sistem Pengelolaan Keuangan Sekolah berbasis website kepada Kepala SMP Muhammadiyah Salatiga, Emy Setyowati, S.Pd (kiri), pada Jumat, 14 Juni 2024. (Sumber foto: Yusuf Sulistyo Nugroho)

Pelaksanaan kegiatan ini tidak hanya berhenti pada tahap sosialisasi dan pelatihan. Di masa mendatang, Tim P2TTG akan terus melakukan pendampingan bagi staf SMP Muhammadiyah Salatiga dalam menggunakan sistem tersebut, serta melakukan maintenance atau pemeliharaan sistem untuk memastikan kelancaran dan efektivitas penggunaannya.

Dr.Eng. Yusuf Sulistyo Nugroho mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi nyata dari UMS untuk masyarakat, khususnya dalam penerapan teknologi tepat guna. Dosen Prodi Informatika UMS itu juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh tim yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan ini dan berharap bahwa kerjasama yang baik ini dapat terus berlanjut di masa mendatang.

Dr.Eng. Yusuf Sulistyo Nugroho sedang memberikan pelatihan sistem informasi pengelolaan keuangan berbasis website kepada para guru dan staff SMP Muhammadiyah Salatiga. (Sumber foto: Yusuf Sulistyo Nugroho)

Kepala SMP Muhammadiyah Salatiga, Emy Setyowati, S.Pd menyambut baik program ini dan berharap dengan adanya sistem informasi pengelolaan keuangan berbasis web ini, pengelolaan keuangan sekolah dapat menjadi lebih efisien dan transparan.

Program ini juga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan staf dalam mengelola keuangan sekolah secara lebih modern dan profesional.

Dengan berakhirnya kegiatan ini, diharapkan seluruh guru dan staf SMP Muhammadiyah Salatiga dapat mengimplementasikan sistem informasi pengelolaan keuangan berbasis web dengan baik, sehingga tujuan dari program P2TTG ini dapat tercapai dengan maksimal.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image