Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image syncore subandi

Shopee Bidik UMKM di Jogja, Gandeng Pusat Inkubasi Meravi ID

Bisnis | Friday, 21 Jan 2022, 18:43 WIB
Screenshoot Webinar Shopee UKM dengan Meravi ID pada Selasa 18 Januari 2022

Salah satu raksasa marketplace Indonesia, Shopee, mulai serius menggarap pasar UMKM di wilayah Yogyakarta. Penetrasi ini dilakukan seiring Shopee membuka kampus-kampus Shopee UKM di berbagai kota-kota besar di Indonesia. Khusus di Yogyakarta Shopee menggandeng pusat inkubasi bisnis Meravi ID yang telah lama berpengalaman dalam program-program pendampingan UMKM melalui "Kejar UMKM".

Program "Kejar UMKM" sendiri telah lama diluncurkan Meravi ID untuk mendampingi pengusaha UKM di wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Proses pendampingan meliputi penataan struktur organisasi, tata kelola kelembagaan, legalitas usaha, pendampingan penyusunan laporan keuangan khusus skala usaha mikro serta pendampingan untuk naik kelas dalam pemasaran online melalui digital marketing.

Shopee menggandeng Meravi ID untuk melakukan pelatihan digital marketing kepada 50 pengusaha UMKM terpilih dari seluruh kabupaten dan kota di Provinsi DIY. Acara ini digelar khusus pada Selasa, 18/1/2022 melalui webinar zoom. Peserta sengaja dibatasi agar bisa fokus memperoleh materi, serta nantinya seusai acara akan diberikan pendampingan untuk berjualan produk-produk UMKM secara terarah dan terstruktur di marketplace.

Diana Arta, Direktur Kemitraan Meravi ID dalam sambutan menyampaikan bahwa program ini digelar khusus di Yogyakarta agar mampu mendorong pertumbuhan UMKM ke tingkat nasional. "Semoga pelatihan ini mampu mendorong pengusaha UMKM untuk go nasional", ujar Diana Arta dalam sambutan acara.

Yoga Arya, perwakilan dari Shopee yang juga memberikan materi digital marketing menyampaikan bahwa pelatihan ini sangat berguna bagi pelaku usaha UMKM untuk memahami strategi marketing online, khususnya dalam strategi menjual produk-produk UMKM di marketplace Shopee sehingga nantinya bisa memperoleh pendapatan dan omset yang lebih besar.

Shopee sendiri dikenal sebagai raksasa marketplace di Indonesia, riset Katadata pada tahun 2020 menempatkan Shopee sebagai marketplace dengan jumlah kunjungan terbanyak di Indonesia. Sementara pada tahun 2021, khusus kuartal ketiga-2021, kunjungan ke web Shopee mencapai 134,4 juta per bulan. Potensi-potensi ini harapannya dapat dimanfaatkan UMKM di wilayah Provinsi D.I. Yogyakarta untuk naik kelas ke tingkat nasional baik dari sisi penjualan hingga marketing dengan memanfaatkan jaringan Shopee.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image