Shopee Bidik UMKM di Jogja, Gandeng Pusat Inkubasi Meravi ID

Image
syncore subandi
Bisnis | Friday, 21 Jan 2022, 18:43 WIB
Screenshoot Webinar Shopee UKM dengan Meravi ID pada Selasa 18 Januari 2022

Salah satu raksasa marketplace Indonesia, Shopee, mulai serius menggarap pasar UMKM di wilayah Yogyakarta. Penetrasi ini dilakukan seiring Shopee membuka kampus-kampus Shopee UKM di berbagai kota-kota besar di Indonesia. Khusus di Yogyakarta Shopee menggandeng pusat inkubasi bisnis Meravi ID yang telah lama berpengalaman dalam program-program pendampingan UMKM melalui "Kejar UMKM".

Program "Kejar UMKM" sendiri telah lama diluncurkan Meravi ID untuk mendampingi pengusaha UKM di wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Proses pendampingan meliputi penataan struktur organisasi, tata kelola kelembagaan, legalitas usaha, pendampingan penyusunan laporan keuangan khusus skala usaha mikro serta pendampingan untuk naik kelas dalam pemasaran online melalui digital marketing.

Shopee menggandeng Meravi ID untuk melakukan pelatihan digital marketing kepada 50 pengusaha UMKM terpilih dari seluruh kabupaten dan kota di Provinsi DIY. Acara ini digelar khusus pada Selasa, 18/1/2022 melalui webinar zoom. Peserta sengaja dibatasi agar bisa fokus memperoleh materi, serta nantinya seusai acara akan diberikan pendampingan untuk berjualan produk-produk UMKM secara terarah dan terstruktur di marketplace.

Diana Arta, Direktur Kemitraan Meravi ID dalam sambutan menyampaikan bahwa program ini digelar khusus di Yogyakarta agar mampu mendorong pertumbuhan UMKM ke tingkat nasional. "Semoga pelatihan ini mampu mendorong pengusaha UMKM untuk go nasional", ujar Diana Arta dalam sambutan acara.

Yoga Arya, perwakilan dari Shopee yang juga memberikan materi digital marketing menyampaikan bahwa pelatihan ini sangat berguna bagi pelaku usaha UMKM untuk memahami strategi marketing online, khususnya dalam strategi menjual produk-produk UMKM di marketplace Shopee sehingga nantinya bisa memperoleh pendapatan dan omset yang lebih besar.

Shopee sendiri dikenal sebagai raksasa marketplace di Indonesia, riset Katadata pada tahun 2020 menempatkan Shopee sebagai marketplace dengan jumlah kunjungan terbanyak di Indonesia. Sementara pada tahun 2021, khusus kuartal ketiga-2021, kunjungan ke web Shopee mencapai 134,4 juta per bulan. Potensi-potensi ini harapannya dapat dimanfaatkan UMKM di wilayah Provinsi D.I. Yogyakarta untuk naik kelas ke tingkat nasional baik dari sisi penjualan hingga marketing dengan memanfaatkan jaringan Shopee.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Sinopsis Film Cinta Subuh

Image

Langkah Strategis, Telkom dan TNI Berkomitmen Buat Inovasi sistem Pertahanan

Image

GB Whatsapp (WA GB) PRO MOD New Fitur 2022 DOWNLOAD

Image

MP3 Juice Downloader Lagu Mp3 Tanpa Aplikasi Super Cepat Dan Praktis

Image

Ukuran Foto 2R, 3R, 4R, 5R, … 30R Berapa CM, MM, dan Inci

Image

Y2mate Downloader Video YouTube Tercepat 2022

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image