Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Slamet Samsoerizal

3 Alasan Mengapa Harus Tidur Siang Saat Musim Panas

Gaya Hidup | Sunday, 04 Aug 2024, 23:22 WIB
Tempat tidur yang nyaman bikin Anda cepat lelap ([email protected]/SSDarindo)

Saat suhu melambung tinggi di seluruh dunia, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara untuk mengatasi panasnya cuaca. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mendinginkan diri, tetapi salah satu cara yang telah teruji untuk mengatasi gelombang panas adalah tidur siang.

Dr Sarah Bishop, psikolog klinis dan ahli tidur di ScS, mengatakan bahwa tidur siang adalah cara yang paling efektif untuk mendinginkan diri saat gelombang panas. Tidur siang juga membantu mengurangi stres dan meningkatkan produktivitas.

Lewat tomsguide.com, Dr Bishop membagikan tiga alasan utama mengapa musim panas adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan aktivitas tidur siang Anda.

1. Tidur siang mengurangi stres dan meningkatkan fungsi jantung

Siesta (tidur siang yang dilakukan setelah makan siang) adalah tradisi yang sudah lama dilakukan di banyak negara beriklim hangat, terutama di Spanyol dan Amerika Latin. Meskipun kebiasaan tidur siang ini tidak sepopuler dulu, Dr Sarah Bishop menunjukkan bahwa ini masih merupakan cara yang bagus bagi mereka yang berada dalam kondisi cuaca panas untuk merasa segar.

"Kebiasaan ini bukan hanya budaya, tapi juga berakar kuat pada ritme sirkadian alami tubuh," jelas pakar tidur ini. "Studi menunjukkan bahwa istirahat ini dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan fungsi kardiovaskular. Jadi, meminjam kebiasaan tidur siang, terutama di bulan-bulan musim panas, dapat menjadi cara yang bagus untuk tetap sejuk, rileks, dan produktif."

2. Mereka membantu Anda dan anak-anak Anda untuk mengatur ulang

"Bagi anak-anak, tidur siang bisa sama pentingnya dengan istirahat makan siang mereka," kata psikolog klinis ini, "Selama liburan sekolah, saat rutinitas bisa lebih santai, tidur siang bisa membantu menjaga struktur dan memastikan anak-anak tidak kelelahan. Selain itu, tidur siang juga dapat memberikan waktu istirahat yang sangat dibutuhkan oleh orang tua," ujar Dr. Bishop.

3. Tidur siang membantu meningkatkan suasana hati

Bulan-bulan musim panas dapat berarti para orang tua menyulap pekerjaan, penitipan anak, dan rencana liburan - semuanya sambil berurusan dengan musim panas. Dr Bishop menunjukkan bahwa orang tua dapat mengalami kurang tidur kronis selama bulan-bulan ini, yang berdampak pada suasana hati dan fungsi kognitif.

Namun, ia mengatakan bahwa meluangkan waktu untuk menyegarkan diri dapat membantu mengatasi stres di musim panas.

"Tidur siang bisa seperti menekan tombol reset pada otak Anda," kata ahli tidur ini.

Penelitian telah menunjukkan bahwa tidur siang yang singkat sekalipun dapat meningkatkan suasana hati, meningkatkan kewaspadaan, dan meningkatkan kinerja."

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image