Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Aisya Syakira Purnama

Mahasiswa TI UMMI Ciptakan Website Perpustakaan untuk SDN Situgede Sukabumi

Teknologi | Wednesday, 24 Jul 2024, 21:55 WIB

Sukabumi, 24 Juli 2024 – Dua mahasiswa Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI), Aisya Syakira dan Dinda Ayu Putri, melaksanakan kegiatan kerja praktik di SDN Situgede dengan tujuan untuk membantu meningkatkan teknologi dan inovasi pada instansi tersebut.

Melalui survei lapangan, Aisya dan Dinda menemukan bahwa perpustakaan SDN Situgede masih tertinggal dalam hal digitalisasi. Pencatatan data buku masih dilakukan secara manual menggunakan spreadsheet Excel, dan proses peminjaman dan pengembalian buku juga dilakukan secara manual. Hal ini menjadi kendala bagi pustakawan dalam mengelola perpustakaan dengan efektif, terutama dengan semakin banyaknya buku yang tersedia.

“Melihat kondisi perpustakaan SDN Situgede yang masih jauh dari kata digitalisasi, kami memutuskan untuk membuat aplikasi perpustakaan berbasis website,” ujar Aisya.

Aplikasi yang dibuat oleh Aisya dan Dinda memiliki beberapa fitur yang dirancang untuk membantu pengelolaan perpustakaan SDN Situgede, seperti fitur peminjaman buku yang memudahkan pustakawan dalam mencatat peminjaman buku, termasuk informasi peminjam, tanggal peminjaman, dan tanggal jatuh tempo pengembalian, fitur pengembalian buku memudahkan pustakawan dalam mencatat pengembalian buku, termasuk informasi peminjam, tanggal pengembalian, dan denda keterlambatan (jika ada).

Fitur rekap buku yang tersedia: Memberikan informasi kepada pustakawan tentang jumlah buku yang tersedia, dipinjam, dan dikembalikan.

Ari Astuti, pengelola perpustakaan SDN Situgede, menyambut baik aplikasi ini dengan antusias. “Sistem yang diperkenalkan ini sangat membantu ya, mempermudah dan sesuai dengan kurikulum sekarang yaitu kurikulum merdeka mewajibkan berbasis IT jadi sangat memudahkan sekali untuk pengelolaan perpustakaan khususnya di SDN Situgede ini,” ujarnya.

Ari berharap dengan adanya aplikasi perpustakaan berbasis website ini, perpustakaan SDN Situgede dapat kembali aktif dan dimanfaatkan dengan sebaik mungkin oleh para siswa. Ia juga berharap aplikasi ini dapat digunakan secara berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas layanan perpustakaan di SDN Situgede.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image