Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hasyim Mustofa

Gaya Milenial dalam Mengelola Keuangan Zaman Digital

Gaya Hidup | 2024-07-22 13:16:44
https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fsistem-komputer-s1.stekom.ac.id%2Finformasi%2Fbaca%2FPerkembangan-teknologi-digital

Tren transaksi secara digital seperti QRIS di zaman modern seperti sekarang ini ternyata ikut berpengaruh pada gaya pengelolaan keuangan milenial. Kemajuan zaman dan perkembangan teknologi memang memberi pengaruh besar terhadap gaya hidup. Termasuk kebiasaan transaksi juga pengelolaan finansial sehari-hari.

Bagi milenial yang sangat update dengan perkembangan zaman, tidak bisa dipungkiri gaya pengelolaan keuangan mereka juga terus berubah. Sebenarnya hal ini bukanlah masalah yang besar dan bisa saja memberi manfaat bagi keuanganmu. Asalkan kamu mengelola keuangan dengan tepat dan memanfaatkan teknologi secara optimal.

Kebiasaan Milenial Kelola Keuangan di Era Digital

Di era digital ini ada banyak sekali hal yang berubah di sekitar kita, salah satunya berkaitan dengan layanan perbankan. Digitalisasi dalam perbankan telah dikenal baik oleh masyarakat dan mengubah gaya hidup mereka. Tentunya milenial juga merasakan langsung manfaat dari digitalisasi tersebut.

Jika dibandingkan dengan boomer atau generasi terdahulu, cara milenial dalam mengelola keuangan pasti berbeda. Perubahan teknologi dan digitalisasi perbankan yang menjadi penyebab terjadinya perbedaan tersebut. Berikut ini akan dibahas beberapa kebiasaan pengelolaan keuangan yang sekarang diterapkan milenial:

● Mulai Sadar Berinvestasi

Milenial di zaman sekarang ini cenderung memiliki kesadaran yang cukup tinggi untuk berinvestasi. Mereka bahkan menganggap investasi sebagai salah satu bagian dari gaya hidup. Pengetahuan mengenai investasi juga semakin mudah untuk didapatkan dan pemasukan milenial juga mendukung untuk berinvestasi.

Apalagi saat ini investasi semakin mudah untuk dilakukan. Banyak sekali platform yang memfasilitasi kamu untuk bisa berinvestasi secara mudah. Pilihan instrumen yang bisa diambil juga bervariasi dan bisa menyesuaikan profil risiko masing-masing. Jadi rasanya tidak ada alasan untuk tidak berinvestasi.

Keinginan milenial untuk berinvestasi juga tampaknya didorong oleh banyaknya gen Z yang mulai tertarik melakukan investasi. Masih muda dan sangat produktif, gen Z memiliki kesadaran yang tinggi untuk menginvestasikan dana mereka. Tentu dalam hal ini milenial tak ingin kalah dan berusaha melakukan hal yang sama.

● Menerapkan Minimalis dan Frugal Living

Saat ini banyak juga milenial yang menerapkan gaya hidup minimalis dan frugal living. Bukan hanya sekadar gaya hidup, ternyata minimalis dan frugal living ini bisa memberi pengaruh besar terhadap keuangan kita. Keduanya menerapkan prinsip hemat dan mengeluarkan uang hanya sesuai kebutuhan.

Di zaman digital seperti sekarang, informasi mengenai gaya hidup minimalis dan frugal living semakin mudah didapatkan. Milenial bisa mengakses informasi mengenai gaya hidup tersebut lewat media sosial maupun platform digital lain. Hal inilah yang kemudian memengaruhi mereka untuk menerapkannya.

Bisa dilihat sendiri, saat ini ada banyak sekali milenial yang membagikan pola hidup minimalis maupun frugal living mereka lewat media sosial. Tidak hanya bisa memberi rasa tenang dan bahagia, ternyata gaya hidup ini juga bisa membantu mereka lebih berhemat dan mengelola keuangan lebih bijak lagi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image