Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rita FKIP Unissula

Mengintegrasikan Teknologi dalam Reformasi Sistem Pendidikan Nasional di Sekolah Dasar

Eduaksi | Wednesday, 10 Jul 2024, 16:29 WIB

Rita,Mahasiswi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Islam Sultan Agung.

Dr.Aida Azizah,S.Pd.,M.Pd. Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Islam Sultan Agung.

Dalam era globalisasi dan perkembangan teknologi yang pesat, pendidikan tentunya harus mengikuti perkembangan zaman. Pendidikan dasar, sebagai fondasi bagi pengembangan sumber daya manusia yang lebih baik serta memainkan peran yang krusial dalam mencetak generasi bangsa yang berkualitas. Reformasi dalam sistem pendidikan sangat diperlukan untuk memastikan bahwa pendidikan di Indonesia mendapatkan pendidikan yang relevan dan mengikuti perkembangan zaman. Salah satu upaya dalam inovasi pendidikan adalah mengintegrasikan teknologi ke dalam sistem pendidikan khususnya di Sekolah Dasar. Teknologi memiliki potensi yang sangat besar dalam memperbaiki kualitas pendidikan untuk menyediakan akses pembelajaran digital. Mencakup penggunaan perangkat digital seperti chromebook,komputer, dan tablet. Lalu menguasai perangkat lunak seperti aplikasi pendidikan dan platform pembelajaran online untuk inovasi pembelajaran yang melek teknologi. Dengan adanya integrasi teknologi dalam pendidikan, akan berpengaruh pada metode pengajaran, serta memfasilitasi sistem pembelajaran yang lebih interaktif dan personal.

Tantangan yang dihadapi dalam mengintegrasikan teknologi dalam pendidikan diantaranya perbedaan infrastruktur antara daeran pedesaan dan perkotaan, kesiapan guru dalam penggunaan teknologi, keterbatas anggaran, dan ketertinggalan teknologi. Hal ini harus lebih diperhatikan oleh seluruh stackholder pendidikan dalam mendukung fasilitas pendidikan di Indonesia. Serta bersama-sama mewujudkan sistem pendidikan di Indonesia yang relevan. Integrasi teknologi dalam pendidikan dimulai dengan beberapa platform yang familiar digunakan dalam proses pembelajaran seperti Microsoft teams atau Google Classroom. Selain itu juga dalam proses pembelajaran bisa menggunakan pembelajaran berbasis game untuk simulasi pembelajaran digital yang menyenangkan dan memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam setiap proses pembelajaran. Kurikulum dalam pendidikan juga harus berperan aktif dalam mengintegrasikan teknologi dalam berbagai mata pelajaran. Dengan tujuan untuk mendukung pembelajaran, misalnya pembelajaran untuk menghindari cybercrime, penggunaan alat digital kolaboratif dan pemrograman.

Strategi Integrasi teknologi dalam pendidikan sekolah dasar diantaranya, pembelajaran melalui PPT, dalam prose pembelajaran dengan adaptasi teknologi pengajar bisa memberikan materi dengan menggunakan media pembelajaran proyektor dan infocus sebagai media visual. Yang menampilkan teks, video, gambar, video dan animasi interaktif. Yang bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran dengan memvisualisasikan materi yang disampaikan. Anak juga dengan mudah memahami materi. Pengenalan Microsoft teams, agar anak-anak memahami penggunaan Microsoft sejak dini maka perlu dikenalkan Microsoft sesuai dengan fungsinya. Bertujuan untuk memberikan pemahaman dan penggunaan perangkat yang sederhana , dimulai dari Ms. Word dan pembuatan PPT. Pengenalan Media sosial, hal ini sangat penting dalam integrasi pendidikan teknologi bagi anak-anak.

Agar anak bisa memilah konten dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Bertujuan agar peserta didik mampu menjadi pengguna media sosial yang bijak dan aman. Lalu pengenalan laptop dan komputer juga sangat diperlukan, karena dalam proses pendidikan masa kini tidak jarang berbagai satuan pendidikan menggunakan laptop atau komputer sebagai alat untuk ujian. Maka dari itu, penting sekali anak-anak mengetahu komponen-komponen yang ada dalam laptop atau komputer sesuai dengan fungsinya. Tujuannya untuk memahami fungsi laptop atau komputer dalam penggunaannya terutama dalam keperluan akademik.

Dalam pendidikan juga design grafis sangat dipentingkan terutama dalam pembuatan infografis sebagai media pembelajaran yang menarik dan media lainnya yang memerlukan desain grafis. Yaitu pengenalan canva pada masa kini aplikasi canva digunakan untuk pembatan pamflet, ppt, flyer, infografis dan media pembelajaran mearik lainnya lainnya. Membantu peserta didik lebih kreatif dalam proses pembelajaran. Itu adalah beberapa langkah sederhana mengintegrasikan teknologi dalam pendidikan. Untuk mencapai reformasi sistem pendidikan nasional yang lebih inovatif. Integrasi teknologi dalam reformasi pendidikan nasional di Sekolah dasar merupakan langkah penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Teknologi tidak hanya menawarkan solusi untuk masalah akses dan kualitas pembelajaran, tetapi membuka pengajaran yang lebih efektif. Teknologi dapat menjadi alat yang sangat berharga dalam membentuk masa depan pendidikan yang lebih baik untuk anak-anak Indonesia.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image