Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Siti Ulfiyatun Zumairoh

Lingkungan Pendidikan pada Sekolah Menengah Atas

Eduaksi | 2024-07-07 14:07:28

Lingkungan pendidikan adalah segala faktor yang dapat mempengaruhi terhadap proses pembelajaran dan perkembangan terhadap individu. Diantara faktor-faktor tersebut adalah tempat tinggal, adat istiadat, iklim, geografis, dan sebagainya yang tentunya dapat mempengaruhi bertumbuhan dan perkembangan peserta didik dalam proses pembelajaran. Menurut Pritiwanti et. al (2022) Pendidikan bukan sekedar proses transfer ilmu pengetahuan, melainkan sebuah upaya sadar dan terencana untuk menciptakan suasana belajar dan pembelajaran yang menyenangkan.

Fungsi lingkungan pendidikan diantranya yaitu memfasilitasi interaksi dengan berbagai lingkungan disekolah maupun luar sekolah, sebagai wahana pengenbangan individu dengan masyarakat, menanamkan nilai-nilai dan norma sosial, dan mengembangkan kemampuan serta potensi dalam diri peserta didik. Fungsi-fungsi tersebut membantu peserta didik dalam perkembang dan tumbuh pada proses pembelajaran berlangsung. Pada sekolah menengah atas sangat memiliki pengaruh, dimana merupakan peserta didik berada di fase atas dalam menempuh pendidikan dan disinilah peserta didik akan memiliki pola pikir, sikap, sifat, atau perilaku yang akan menentukan masa kedepanya akan seperti apa.

Ragam lingkungan pendidikan menurut pendapat pendapat Ki Hajar Dewantara menyatakan konsep Tri Sentra Pendidikan dengan mengemukakan bahwa “Dalam kehidupan anak-anak berada dalam tiga lingkungan tempat pergaulan yang mana sebagai pusat pendidikan yang sangat penting baginya, yakni lingkungan keluarga, sekolah dan lingkungan masyarakat”. Jadi terdapat tiga ragam lingkungan pendidikan yang memiliki pengaruhi besar dalam pendidikan yaitu lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, dan lingkungan sekolah. Dari ketiga hal tersebut memiliki pengaruh yang berbeda-beda seperti pada lingungan kelurga, orang tua lah yang akan menjadi contoh dan berperan dalam perkembangan individu.

Peranan lingkungan pendidikan, peran lingkungan keluarga sangat penting karena pendidikan pertama seorang anak dan orang tua lah yang memiliki tanggung jawab besar terhadap pendidikan anak, seperti mengajarkan tentang sifat, sikap, perilaku, serta karakter pada anak. Kemudian pada lingkungan sekolah, dimana guru sebagai orang tua kedua bagi anak, tentunya juga akan mengajari hal-hal yang baik, tetapi di sekolah juga terdapat teman-teman yang tentunya memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan dalam diri anak. Dan terakhir yaitu lingkungan masyarakat, pergaulan dan pertemanan dalam masyarakat sangat cepat dalam mempengaruhi dapa kehidupan seseorang, sehingga dapat dengan mudah dalam membentuk karakter serta kepribadian anak.

Jadi dapat disimpulkan bahwa lingkungan pendidikan di sekolah menengah atas memiliki pengaruh yang besar dimana sekolah menengah atas merupakan tingkatan paling atas pada sekolah formal yang nantinya akan mempengaruhi masa depan sang anak. Beberapa diantaranya yang dapat mempengaruhi kepribadian, sikap, dan karakter dalam diri individu adalah lingungan keluarga, lingkungan masyarakat, dan lingkungan sekolah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image