Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Amalia

Pentingnya Pendidikan Karakter untuk Generasi Z

Eduaksi | 2024-07-05 23:39:36

Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Generasi Z

Pendidikan memiliki peran sentral dalam membentuk karakter individu dan masyarakat secara keseluruhan. Dalam era globalisasi ini, pentingnya pendidikan bukan hanya dalam menghasilkan individu yang cerdas secara akademis, tetapi juga yang memiliki integritas moral yang tinggi. Pendidikan karakter menjadi landasan yang krusial dalam proses pembentukan pribadi yang tangguh dan bertanggung jawab.

Ryan dan Bohlin (1999): Pendidikan karakter adalah proses pembentukan nilai-nilai moral yang dilakukan secara konsisten, terstruktur, dan berkelanjutan untuk membantu individu mengembangkan kepribadian yang baik.

Pendidikan karakter merupakan suatu sistem pendidikan yang menerapkan nilai nilai karakter pada peserta didik yang bertujuan untuk mengembangkan karakter atau kepribadian peserta didik dalam kelompok maupun individual. Pendidikan karakter sendiri sangat penting bagi generasi sekarang dikarenakan, banyak sekali kasus kasus yang melibatkan anak anak. contohnya seperti bullying, marak sekali kasus kasus bullying yang dilakukan oleh anak anak mulai dari sekolah dasar sampai menengah atas, tidak hanya di lingkungan sekolah formal, kasus bullying juga marak di lingkungan pondok pesantren.

Contohnya seperti di Lingkungan sekitar saya, masih banyak anak anak yang pendidikan karakternya kurang, ini juga disebabkan adanya kurang perhatian dari orang tua, dan juga pengaruh lingkungan sekitar. Strategi dan solusi yang dapat dilakukan ialah, Untuk mengatasi tantangan tersebut, perlu ada kerjasama antara berbagai pihak, termasuk sekolah, orangtua, dan masyarakat. Sekolah dapat memainkan peran kunci dengan mengintegrasikan pendidikan karakter dalam kurikulum mereka, serta mengadakan kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung nilai-nilai positif. Melibatkan orangtua dalam proses ini juga penting, karena dukungan dari keluarga dapat menguatkan pembentukan karakter yang dilakukan di sekolah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image