Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Samuel gloria

Pemikiran Politik Islam 1: Pengantar

Agama | 2024-07-05 15:04:35

Sebagai orang awam, mungkin anda belum mengerti apa itu pemikiran politik Islam. Agar anda bisa memahami apa itu pemikiran politik islam. Sebagai pembukaan, pemikiran politik islam ini adalah cabang keilmuan yang mempelajari prinsip dasar dan nilai politik yang berasal dari Al-Quran dan Sunnah. Tidak hanya bersumber dari Quran dan Sunnah, sumber yang bisa dijadikan rujukan juga ada Fiqih dan kebijakan Khulafaur Rasyidin. Selanjutnya, kita akan membahas tentang prinsip dasar yang ada pada pemikiran politik islam. Prinsip dasar dari PPI ada 5 yaitu amanah, musyawarah, persamaan, keadilan, dan pluralisme.

Public Domain/greekreporter.com

Prinsip yang pertama adalah prinsip amanah. Prinsip ini adalah prinsip kepercayaan yang diberikan dan harus dijaga dengan baik. Jika amanah tidak dijaga dengan baik, maka akan terjadi hilangnya kepercayaan yang merugikan diri sendiri dan orang lain. Kemudian berlanjut pada prinsip musyawarah. Prinsip musyawarah, yang berarti menyelesaikan masalah dengan melibatkan orang banyak atau bermusyawarah. Selanjutnya, kita akan membahas tentang prinsip persamaan. Prinsip persamaan ini bisa dibilang kesetaraan antar kalangan. Persamaan ini ditujukan agar setiap individu, baik itu rakyat biasa maupun penguasa patuh kepada peraturan yang dibentuk. Selanjutnya kita akan membahas tentang prinsip keadilan. Prinsip dari keadilan itu sendiri adalah menetapkan sesuatu pada tempatnya secara merata.

Berpindah ke prinsip dasar PPI berikutnya, kita akan membahas prinsip pluralitas. Prinsip dari pluralitas ini adalah prinsip yang mempertahankan keaneka -ragaman perbedaan dalam masyarakat. Prinsip ini sudah ada sejak zaman nabi Muhammad SAW bersama dengan para sahabat membangun masyarakat Madinah kala itu. Madinah adalah kota dengan keberagaman penduduknya dari segi budaya, etnis, dan agama seperti komunitas Muhajirin dan Anshor, komunitas Yahudi, Pagan, dan orang Nasrani (Kristiani) keragaman tersebut dapat disatukan oleh Rasulullah dan hidup damai setelahnya atas perjanjian bersama yang disebut Piagam Madinah.

Dari pembahasan sebelumnya, dapat kita ambil kesimpulan bahwa prinsip dasar dari pemikiran politik islam ada 5 prinsip yaitu amanah, musyawarah, persamaan, keadilan, dan pluralisme. Prinsip dasar ini masih dipakai hingga saat ini. Prinsip dasar tersebut masih relevan, bahkan banyak sekali penerapan dari prinsip tersebut di dunia nyata.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image