Kuatakan Tradisi NU, IPNU IPPNU Jagalempeni Ziarah ke Makam Aulia Setempat

Image
musyafa ahmad
Agama | Thursday, 20 Jan 2022, 09:21 WIB

Tradisi ziarah merupakan tradisi NU yang diperintahkan oleh Nabi. Banyak fungsi yang bisa kita dapatkan saat ziarah kubur. Mengingatkan bahwa hidup ini tidak abadi, menemukan kesadaran untuk beramal ibadah sebagai bekal di akhirat serta mendapatkan ketenangan hati saat bertahlil. Sebagai organisasi kader IPNU IPPNU punya amanat kultural untuk menjaga dan merawat tradisi NU termasuk ziarah dan tahlil di makam makam para leluhur. Hari ini kami rombongan IPNU IPPNU Jagalempeni melaksanakan ziarah kebeberapa makam para leluhur kab Brebes.

Pertama ke makam Mbah Rubi Klampok dilanjutkan ke Makam Syekh Junaidi Al Baghdadi Randusanga. Sebelumnya kami ziarah ke makam.KH Sihabudin Tahmid Jagalempeni santrinya al magfurlah KH Hasyim Asy'ari.

Demikian disampaikan Widia selaku Ketua IPPNU Ranting Jagalempeni saat melakun ziarah bersama Ahad, 16 Januari 2022.

Menurut Widia, tradisi ini menjadi rutinitas kami setiap tahun. Pesertanya semua anggota IPNU IPPNU Jagalempeni.

Senada dengan Widia, Ketua IPNU Jagalempeni menambahkan, ziarah ini menjadi program yang sudah direncanakan pada Raker IPNU IPPNU. Al hamdulillah, semua sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ziarah ini. Melalui doa dan tahlil dalam ziarah tersebut semoga dapat menambah militansi dalam berorganisasi.

Secara terpisah Akhmad Sururi selaku Pembina menyampaikan apresiasi yg setinggi tingginya terhadap gerakan tradisi ziarah. Sebagai generasi muda NU sangat penting dibekali dengan ritual ruhani,salah satunya dengan ziarah kubur. Tradisi ini harus kita pertahankan sampai kapanpun. Amanat sebagai orang NU adalah merawat dan menjaga tradisi para ulama Salaf. Dengan ziarah kubur rekan rekanita IPNU IPPNU akan banyak memetik hikmahnya serta mengambil pelajaran yang berharga.

Tradisi ziarah merupakan gerakan penguatan aqidah Ahlussunah Wal jamaah. Hal tersebut karena menjadi tradisi para pemduhulu dan diperintahkan oleh Nabi Muhammad dalam hadisnya. Semoga dengan berziarah dan berwashikah akan mendapatkan keberkahan.

Melalui komitmen, belajar, berjuang dan bertaqwa dengan berziarah kita bisa belajar tentang kehidupan. Melalui ziarah kita berjuang menguatkan tradisi NU. Dengan berziarah kita semakin bertaqwa dengan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta dalam beribadah.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Joko Pitono henanggih Negari pundito engkang ka Eka aji Doso Purwo

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Menebak-nebak Rambut Putih Pak Jokowi, Menggiring atau Memancing?

Image

Unisa Yogyakarta Tandatangani Kerjasama dengan Pemkab Kapuas Hulu

Image

Pariwisata Religi Solo-Magetan, Akulturasi Budaya Islam-Jawa

Image

Cyberbullying Pengaruhi Kesenjangan Sosial Masyarakat

Image

IMM Insan Kamil UMP Resmikan Pojok Baca

Image

21 Tahun Berikhtiar, YBM BRILiaN Kembali Raih Penghargaan Indonesia Fundraising Award 2022

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image