Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Luqman

9 Manfaat Teknologi Bagi Kehidupan Manusia

Teknologi | Friday, 21 Jun 2024, 11:31 WIB

Pesatnya teknologi mampu mengubah banyak aspek kehidupan masyarakat. Teknologi mampu mengubah sikap yang awalnya mewajibkan bergerak ketika setiap berbelanja, sekarang cukup duduk manis sudah bisa berbelanja.

Kehadiran teknologi memang menjadi terobosan yang luar biasa dan memberikan manfaat yang luar biasa. Namun dari sisi yang lain, juga menimbulkan dampak negatif yang sama besarnya. Sehingga teknologi seperti dua mata pisau. Bermanfaat atau tidaknya teknologi tergantung dari masing-masing kita dalam menggunakannya.

Jika kita sumber daya manusia yang baik, maka bisa memanfaatkan teknologi sebagai sarana untuk dan mengoptimalkan diri serta bisa membawa perubahan orang lain. dilansir dari bukunesia store, berikut adalah beberapa manfaat teknologi yang memberikan banyak perubahan baik untuk masyarakat secara umum.

Akses informasi

Salah satu manfaat teknologi sebagai sarana untuk mengakses informasi. Berkat teknologi, kita bisa mempelajari apapun yang kita mau. Tidak seperti 25 tahun yang lalu. Untuk menguasai dan bisa sesuatu hal yang sulit.

Namun sekarang, berkat akses informasi yang super mudah, dan cukup duduk manis, kemudian tinggal mengetik satu kata kunci yang dicari, maka ribuan bahkan ratusan informasi akan muncul. Sehingga kita bisa belajar secara mandiri dan memaksimal skill secara otodidak.

Maka tidak heran jika akses informasi di era digitalisasi seperti sekarang adalah peluang besar yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Kebebasan akses informasi ini banyak putra putri bangsa yang bisa menemukan jalan masa depan mereka. Misalnya, ada yang bisa kuliah atau bekerja ke luar negeri hanya bermodal belajar secara mandiri di internet, dan masih banyak lagi.

Banyak Penawaran Pekerjaan Baru 

Tiga puluh tahun yang lalu, kita tidak pernah membayangkan teknologi bisa mengubah banyak hal. Bahkan, pekerjaan yang jaman dulu tidak ada dan tidak terpikirkan, sekarang pun ada. Sebagai contoh, sekarang banyak pekerjaan baru seperti peluang kerja sebagai konten kreator,programmer, digital marketing, UI/UX writer dan masih banyak lagi. Dimana pekerjaan baru ini sekarang banyak dicari di hampir sebagian besar perusahaan.

Bahkan perusahaan besar yang dulu berjalan secara konvensional pun mau tidak mau harus mengikuti perkembangan jaman, agar tidak mengalami ketertinggalan.

Sehingga banyak perusahaan yang mencari tim digital marketing, konten creator, programmer maupun IU/UX Writer. Sehingga bisa menyerap pekerjaan bagi kawula muda era digital seperti sekarang.

Efisiensi waktu

Teknologi sukses merevolusi kebiasaan. Dulu untuk mengirim pesan, harus menggunakan surat. Itupun memakan waktu berminggu-minggu hingga bulan. Namun sekarang, cukup hitungan detik, pesan bisa terkirim. Dulu setiap berbelanja, kita harus mengunjungi toko konvensional.

Jika barang tersebut jarang, maka kita harus datang ke toko yang jaraknya puluhan km terlebih dahulu. Namun sekarang, berkat teknologi, kita duduk manis, barang yang kita beli akan datang sampai rumah.

Berkat teknologi, kita bisa menghemat waktu. Sehingga waktu yang harusnya terbuang, bisa dimanfaatkan untuk hal-hal produktif lain. Bahkan sekarang soal urusan makanan sekalipun tidak perlu ke warung. Cukup menggunakan aplikasi, makanan akan diantarkan sampai depan rumah.

Hiburan

Berkat kehadiran teknologi semakin banyak hiburan yang ditawarkan. Padahal era tahun 90-an, hiburan yang ditawarkan masih sangat terbatas. Hiburan saat itu hanya permainan tradisional dan menonton televisi dan radio saja. Itupun jumlah yang memiliki televisi hanya segelintir orang saja.

Namun sekarang, teknologi menawarkan berbagai hiburan yang beragam. Mulai dari games, bermain media sosial, dan banyak hal kesenangan tersuguh dalam kecanggihan digital ini.

Dimana, dibalik itu semua juga memiliki ancamanan tersendiri. Karena jika tidak bijak dalam memanfaatkan teknologi, hiburan akan menjerumuskan karena lalai, berlebihan bersenang-senang sehingga banyak waktu mudanya terbuang sia-sia.

Inovasi dan kreativitas 

Buat kamu yang suka dibidang seni, desain, industri kreatif dan pendidikan. Maka kehadiran teknologi adalah fasilitas yang memuluskan skill. Karena berkat teknologi, kita bisa eksplore. Misalnya, bagi seorang desainer, fotografer dan para pelaku industri kreatif bisa menjual karya mereka secara digital.

Sehingga digital sebagai sarana penghasil cuan yang menjanjikan. Dimana dulu hal seperti ini tidak pernah ada sebelumnya.

Banyak ruang yang ditawarkan teknologi untuk memaksimalkan kreativitas inovasi. Tidak hanya itu peluang yang dimasuki pun bisa lebih luas, tidak sekedar tingkat regional, tetapi bisa tingkat internasional.

Menunjang sarana kesehatan dan kesejahteraan

Dulu, untuk melakukan kontrol dan periksa kesehatan harus butuh waktu. Sekarang, berkat teknologi bisa lebih efisien. Bahkan masalah sarana kesehatan edan kesehatan bisa dipantau dari jarak jauh lewat perangkat dan aplikasi kesehatan yang sudah tersedia. Sehingga kita bisa hidup lebih aware terhadap kesehatan.

Memberdayakan penyandang disabilitas

Tidak banyak yang tahu, jika ternyata teknologi juga memberikan banyak manfaat bagi penyandang disabilitas. Setidaknya para penyandang disabilitas banyak terbantu. Salah satu contoh, ditemukan braille yang dapat dioperasikan pada pulsa elektrik, kaki palsu, atau tongkat pintar. Sehingga mereka bisa banyak terbantu dalam kehidupan sehari-hari.

Globalisasi 

Dulu untuk mengakses secara nasional saja susah. Namun sekarang bisa mengakses dan berinteraksi secara nasional bahkan secara internasional. Teknologi memberikan kebebasan akses, sehingga terasa tidak ada hambatan fisik antar negara berkat teknologi.

Sekarang kita bisa melihat aktivitas orang yang luar negeri lewat youtube, media sosial ataupun lewat aplikasi yang sudah ada saat ini. Sehingga kita bisa mengenal budaya masing-masing negara.

Metode belajar 

Selama ini kita hanya mengenal metode belajar secara konvensional. Namun semenjak teknologi menjadi bagian hidup kita, metode belajar mulai ada yang model digital. Dimana kita bisa mengembangkan belajar lewat perangkat elektronik. Sehingga bisa les secara online, dan tidak perlu lagi les ke tempat jauh yang memakan waktu lama.

Itulah sembilan manfaat teknologi bagi kehidupan manusia. Dari kesembilan manfaat di atas tentu belum mencakup seluruhnya. Buat kamu yang merasakan manfaat lain dari teknologi bagi kehidupan sehari-hari, bisa tulis pengalaman kalian di kolom komentar ya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image