Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Faiq

Kebiasaan Buruk Yang Dapat Menurunkan Kecerdasan

Gaya Hidup | Wednesday, 19 Jun 2024, 21:03 WIB

Kita sebagai manusia tentunya memiliki kebiasaan-kebiasaan atau perilaku tertentu yang disukai. Kesukaan tersebut didorong oleh banyak faktor misalnya saja faktor kebutuhan, atau kegemaran. Namun, kebiasaan-kebiasaan atau perilaku tersebut tidak semuanya baik bagi kita. Contohnya adalah beberapa kebiasaan buruk berikut ini dinilai dapat menurunkan fungsi otak/kecerdasan kita.

Prokrastinasi/Kebiasaan menunda-nunda.

Prokrastinasi adalah sebutan untuk perilaku menunda-nunda pekerjaan hingga ambang batas waktu terakhir/deadline yang sering kali ditemui pada mahasiswa/pekerja. Perilaku ini disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya ialah gangguan mental karena suasana hati seseorang dapat mempengaruhi motivasi dalam beraktivitas/menyelesaikan pekerjaan.

Prokrastinasi juga disebut-sebut sebagai tanda kegagalan seseorang dalam manajemen waktu yang dimiliki.

Menunda Tidur

Kebiasaan ini seringkali disepelekan oleh banyak orang, bahkan dianggap sesuatu yang lumrah. Padahal, nyatanya perilaku tersebut memiliki dampak negatif yang berbahaya bagi tubuh, salah satunya ialah menurunkan fungsi otak.

Hal ini dikarenakan menunda tidur akan mengurangi waktu tidur, dan kurang waktu tidur atau tidur yang tidak berkualitas dapat mengganggu kinerja otak kita secara keseluruhan, seperti mengganggu konsentrasi, daya ingat, dll.

Malas Belajar Hal Baru

Tentunya dalam hidup ini kita mengalami berbagai kemajuan baik dari segi teknologi, pengetahuan, dll. Hal inilah yang juga seringkali disepelekan banyak orang karena menganggap dirinya sudah cukup tau sehingga tidak perlu belajar lagi setelah tamat pendidikan.

Pada kenyataannya hal tersebut memiliki dampak negatif bagi kita. Malas mempelajari hal baru akan membuat diri kita menjadi susah beradaptasi dalam berbagai hal, dalam hal ini akan menghambat kinerja otak karena akan membuat pikiran kita tertutup/fixed mindset sehingga tidak bisa mengasah/lamban dalam berpikir luas.

Oleh sebab itu, marilah kita lebih memperhatikan kembali dan lebih peka terhadap perilaku/kebiasaan kita sehari-hari. Seringkali kebiasaan-kebiasaan yang lumrah kita lakukan ternyata membawa dampak buruk bagi tubuh dan akan mengganggu potensi yang kita miliki.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image