Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Thiara Chairun Nisa

Menakjubkan! Ada Cerita Unik di Balik Isra Miraj yang Jarang Diketahui

Khazanah | Sunday, 16 Jun 2024, 23:37 WIB
Baitul Maqdis (Pexels/Haley Black)

Sebagai muslimin, peristiwa Isra Miraj bukan lagi hal yang asing didengar. Bagaimana, tidak? Dari sana lah Nabi Muhammad saw. membawa perintah Allah Swt. untuk mengerjakan shalat 5 waktu kepada umatnya yang terus dilakukan hingga sekarang.

Namun, dibalik kisahnya yang menakjubkan, masih ada di antara kita yang belum tau bahwa ada cerita hebat lainnya dibalik peristiwa yang terjadi hanya dalam waktu satu malam tersebut.

Ketiga kisah dibawah ini dinukil dari Serial Sahabat Abu Bakar Radhiyallahu Anhu yang dibawakan oleh Ustadz Khalid Basalamah.

1. Nabi Muhammad saw. memimpin shalat di Masjidil Aqsha

Sebelum miraj ke Sidratul Muntaha, Rasulullah saw. melihat semua nabi-nabi berkumpul di Masjidil Aqsha. Dari Nabi Ibrahim as. yang paling memiliki kemiripan dengan beliau; Nabi Musa as. dengan kulit kehitaman, badan kekar dan berbulu seperti salah satu suku dari Jazirah Arab; serta melihat Nabi Isa as. yang rambutnya basah seakan-akan baru selesai wudhu.

Kemudian, Rasulullah saw. pun memimpin shalat di Masjidil Aqsha. Ini menjadi salah satu alasan yang menjadikan Masjidil Aqsha memiliki nilai istimewanya sendiri.

2. Kesaksian Abu Bakar Ash-Shiddiq yang luar biasa

Banyak masyarakat kafir Mekkah yang tidak mempercayai peristiwa Isra Miraj. Bahkan beberapa sahabat ada yang sempat bimbang karena kejadian yang begitu luar biasa. Namun, berbeda dengan pendapat sahabat yang mulia Abu Bakar ra.

Ada sebuah atsar yang menceritakan bahwa Abu Bakar berkata, "Wahai Quraisy, kalau di depan mataku ada sebuah tembok berwarna putih, tetapi Rasulullah saw. berkata itu hitam, niscaya aku akan membohongkan mataku." Tidak ada keraguan pada diri Abu Bakar terhadap Rasulullah saw., jika seluruh keimanan umat muslimin ditimbang, itu tidak lebih dari kadar keimanan Abu Bakar ra..

3. Unta kafilah Quraisy yang hilang

Dalam perjalanan kembali dari Syam ke Mekkah, rupanya Rasulullah saw. sempat melihat kafilah Quraisy yang tengah kehilangan untanya. Beliau pula sempat mengetahui keberadaan unta itu dan memberitahukan bahwa unta tersebut ada di sebuah lembah si fulan.

Demi membuktikan cerita ini, 2 hari setelah Isra Miraj warga Mekkah baik kafir maupun muslimin—berkumpul di Bani Syaibah (pintu gerbang Mekkah) menanti kedatangan kafilah yang dimaksud. Dan benar saja, datang sebuah kafilah Quraisy yang jumlah orang, tunggangan, dan ciri untanya persis seperti yang Rasulullah saw. jabarkan. Gak sampai di sana, kafilah tersebut terkejut mengetahui bahwa masyarakat Mekkah tau bahwa mereka sempat kehilangan unta mereka dalam perjalanan pulang.

"Ada sebuah suara yang entah darimana memberitahukan lembah tempat unta kami hilang. Lalu kamipun kembali mendapatkan unta kami. Tapi, bagaimana kalian tau tentang ini?" ucap salah seorang dari kafilah Quraisy.

"Dari Muhammad."

Bukan tanpa alasan Allah menjaga kisah-kisah luar biasa ini hingga sekarang, untuk diambil hikmahnya dan menjadi bukti kebesaran-Nya. Semoga bermanfaat, Allahu alam.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image