Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image UCare Indonesia

Kabar Gembira Bagi Para Pencari Ampunan, Inilah Dahsyatnya Puasa Arafah!

Agama | 2024-06-12 14:16:29
sumber gambar: freepik.com

Puasa Arafah adalah salah satu amalan mulia yang dilakukan oleh umat Islam pada tanggal sembilan Dzulhijjah, tepat sehari sebelum perayaan Idul Adha. Amalan ini memiliki keutamaan yang besar dalam Islam, termasuk di antaranya adalah menghapus dosa-dosa yang telah dilakukan dulu.

Berikut adalah beberapa keutamaan puasa Arafah

1. Sunnah Rasulullah SAW: Puasa Arafah merupakan sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

عَنْ أَبِى قَتَادَةَ الأَنْصَارِىِّ رَضِىَ الله عنه أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ فَقَالَ يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ [رواه الجماعة إلا البخارى والترمذى]

“Dari Abu Qatadah (diriwayatkan) bahwa Rasulullah SAW ditanya tentang puasa hari Arafah, lalu beliau menjawab: (Puasa hari Arafah itu) menghapus dosa-dosa satu tahun lalu dan satu tahun yang akan datang ” [HR jemaah ahli hadis kecuali al-Bukhari dan at-Tirmidzi].

Dengan menjalankan puasa Arafah, umat Muslim dapat mengikuti jejak langkah Nabi Muhammad SAW dan mendapatkan keberkahan serta pahala yang besar.

2. Menghapus Dosa-dosa: Salah satu keutamaan puasa Arafah adalah penghapusan dosa-dosa. Dengan melakukan puasa ini dengan niat yang ikhlas, Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa hamba-Nya yang telah lalu dan setahun yang akan datang. Kiranya, ini merupakan kesempatan berharga bagi seluruh umat Islam untuk membersihkan diri dari dosa-dosa yang telah diperbuat.

3. Mendekatkan Diri kepada Allah: Puasa Arafah merupakan bentuk ibadah yang dapat mengantarkan diri untuk lebih dekat kepada Allah SWT. Dengan mengorbankan kesenangan duniawi untuk beribadah kepada-Nya, setiap muslim juga menunjukkan kesungguhan dan kecintaannya kepada Sang Pencipta, Allah Ta’ala. Dengan demikian, Allah SWT akan mengangkat derajat mereka di sisi-Nya dan memberikan keberkahan dalam hidup mereka.

4. Membuka Pintu Kebajikan: Puasa Arafah juga membuka pintu kebaikan seluas-luasnya kepada seluruh umat Islam. Selain mendapatkan ampunan dosa, amalan ini juga menjadi sarana untuk meningkatkan ketakwaan, keikhlasan, dan keberkahan dalam hidup sehari-hari. Dengan menjalankan puasa Arafah, akan menjadikan setiap insan lebih rendah hati, peduli pada sesame dan fokus kepada tujuan hidup yaitu menyiapkan bekal amal soleh.

Dalam menjalankan puasa Arafah, penting bagi umat Islam untuk melakukannya dengan niat yang ikhlas, penuh keikhlasan, dan mengikuti sunnah Rasulullah SAW. Dengan demikian, mereka akan mendapatkan keutamaan yang besar, termasuk pengampunan dosa-dosa mereka di sisi Allah SWT. Puasa Arafah bukan hanya sekadar ibadah rutin, tetapi juga merupakan sarana untuk membersihkan diri dan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image