Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image taufik sentana

Langkah Catur Muhammadiyah

Gaya Hidup | Tuesday, 11 Jun 2024, 17:13 WIB

Langkah Catur" Muhammadiyah

Berita peralihan dana dari lini jejaring kas Muhammadiyah masih panas di telinga. Manajemen BSI pun menjadi sorotan: apa iya ada ketidakadilan dalam proporsi penggunaan dana itu? Apa iya sebagian besar dana bank itu hanya mengalir untuk pengusaha besar?

Sehingga alasan Muhammadiyah akan menarik dananya secara besar besaran akan sangat berdampak. Bisa jadi, pihak BSI bakal mencari pinjaman untuk maksud Muhammadiyah itu.

Dana sebesar 13 hingga 15 triliun yang akan ditarik itu akan disebar ke beberapa bank, begitu alasan retorik pihak Muhammadiyah. Dan tentu, alasannya bukan semata itu.

Kita tahu, dana sebesar itu telah melebihi salah satu grup lippo dari sembilan naga. Analis eksternal menengarai bahwa Muhammadiyah juga sedang menimbang untuk mengembangkan bank sendiri. Dan itu pantas bagi ormas sekaliber Muhammadiyah. Di samping alasan lain sebagai kehati-hatian Muhammadiyah terhadap risiko jangka panjang yang mungkin saja dialami oleh BSI pada waktu tertentu.

Bagaimana pun, langkah catur Muhammadiyah ini sekaligus menjadi daya tawar bahwa Muhammadiyah tidak bisa dibeli. Termasuk perihal pengolahan tambang itu, mereka masih menimbang mudharat jangka panjangnya.

*Dari berbagai sumber,ternasuk kanal newmind dan bossmen.

Ilustrasi

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image