Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image PKRS RSKO Jakarta

Penyuluhan Kesehatan Jiwa dan Pendidikan Karakter di SDN Anyelir 1 Depok

Info Terkini | 2024-06-06 15:17:28

Jakarta (6/06/2024), PKRS RSKO Jakarta melaksanakan kegiatan penyuluhan kesehatan di SD Negeri Anyelir 1, Depok yang ditujukan bagi peserta didik kelas V (A,B,C,D). Jumlah peserta didik yang menerima edukasi kesehatan sebanyak 112 siswa.

Penyuluhan Kesehatan PKRS (Promosi Kesehatan Rumah Sakit) mengambil topik sehat Jiwaku, Hebat Karakterku.

Topik ini diambil atas permintaan SDN Anyelir 1 Depok karena usia Sekolah Dasar (SD) merupakan usia-usia dimana tumbuh kembang anak, baik perkembangan psikomotor maupun psikologis mengalami perkembangan.

Para peserta didik di usia SD amat penting untuk mendapatkan edukasi mengenai kesehatan jiwa dan karakter.

Sehat Jiwa merupakan kondisi dimana seorang individu dapat berkembang secara fisik, mental, spiritual, dan sosial sehingga individu tersebut menyadari kemampuan sendiri, dpt mengatasi tekanan, dpt bekerja secara produktif, dan mampu memberikan kontribusi utk komunitasnya (UU No.17/2023 ttg Kesehatan)

Kenapa penyuluhan (edukasi) KesehatanJiwa dan Karakter itu penting ?

Pendidikan kesehatan jiwa memiliki tujuan agar para peserta didik mampu menghadapi tantangan hidup dan memiliki daya tangkal terhadap pengaruh buruk dari luar.

Saat ini sekolah dituntut untuk memainkan peran dan tanggungjawab untuk dapat menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai yang baik, dan membantu para siswa membangun karakter dengan nilai-nilai yang baik.

Pendidikan karakter mengarahkan pada nilai-nilai tertentu seperti tanggungjawab, rasa hormat, jujur, disiplin, optimis, peduli, memahami keadilan dan juga dapat membantu siswa untuk memahami, memperhatikan, serta melaksanakan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan mereka sendiri.

Praktek dari Pendidikan Kesehatan jiwa dan kharakter akan menjaga lingkungan yang kondusif, sehingga meningkatkan kesehatan peserta didik, guru dan masyarakat lingkungan sekolah, berdampak dapat mengoptimalkan pertumbuhan fisik dan mental serta perkembangan kecerdasan peserta didik melalui upaya promotif peventif.

Kegiatan penyuluhan di SDN Anyelir 1 Depok melibatkan Penyuluh Kesehatan PKRS RSKO Jakarta, Wage Robbiamsyah, SKM dan Euis Sayyidah, AMD.

Penyuluhan kesehatan kali ini disesuikan dengan umur dari audiens nya yaitu siswa-siswi yang duduk tingkat pendidikan Sekolah Dasar kelas V.

Edukasi Kesehatan bagi siswa-siswi SDN Anyelir 1 Depok selain menonton video animasi juga menggunakan metode ceramah interaktif yang disertai tanya jawab, dan pemberian hadiah bagi yang dapat menjawab.

Guru Sekolah SDN Anyelir 1 Depok, Ibu Dwi Ratnasari Putri, Spd , menyampaikan “Untuk tahun ini merupakan tahun ke 2 melaksanakan Kurikulum Merdeka, dan ini keempat kalinya menjalani P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) yang bertujuan baik membangun karakter anak-anak sesuai dari demensi-demensi berdasarkan nilai Pancasila” Jelasnya

Lanjut Ibu Dwi, dari 3 kali project demensi yang diangkat tentang gotong royong, berbhinekaan global, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Untuk project kali ini berfokus pada dirinya sendiri untuk bagaimana mereka mencintai dirinya.

Tambahnya, kenapa topik ini diambil ini latar belakang pergaulan sekarang yang sedang banyak viral, dimana banya terjadi perundungan dan bunuh diri akibat perundungan.

Ini merupakan salah-satu upaya membangun pertahanan dari dalam, jadi ketika nanti menghadapi perundungan mereka bisa kuat secara mental bagaimana mencintai dirinya sendiri.

Edukasi kesehatan ini diharapkan dapat mewujudkan sekolah yang sehat, aman, ramah anak dan meningkatkan karakter positif bagi anak-anak dan warga sekolah.

Pihak SDN Anyelir 1 Depok juga amat menyambut baik kehadiran Nakes RSKO Jakarta dalam memberikan penyuluhan kesehatan iiwa dan pendidikan karakter.

PKRS RSKO Jakarta sangat terbuka atas permohonan Institusi Pendidikan baik sekolah maupun kampus untuk memberikan penyuluhan kesehatan menyangkut kepada siswa didik.

Institusi pendidikan dapat menghubungi Direct Massage Instagram PKRS RSKO Jakarta @pkrs_rsko

***

Salam Sehat

PKRS dan Pemasaran RSKO Jakarta

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image

Ikuti Berita Republika Lainnya