Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Diya Puspita

Mengenal Apa Itu Auditor Internal dan Auditor External, Berikut Perbedaan, Tugas dan Fungsinya

Eduaksi | Thursday, 06 Jun 2024, 11:59 WIB

Dalam dunia auditor pasti ada yang namanya Auditor Internal juga Auditor External dengan memiliki fungsinya masing-masing yang berbeda untuk suatu perusahaan, nah kemudian munculah pertanyaan apakah setiap perusahaan mempunyai auditor internal? Jika iya kenapa masih membutuhkan auditor external untuk mengaudit perusahaannya? Berikut beberapa penjelasan yang akan disampaikan:

Apa itu Auditor?

Menurut Standar Audit 610, Auditor eksternal memiliki tanggung jawab tunggal atas opini audit yang dinyatakan, dan tanggung jawab tersebut tidak berkurang dengan digunakannya pekerjaan fungsi audit internal atau auditor internal untuk memberikan asistensi langsung pada perikatan. Meskipun fungsi auditor internal dapat melaksanakan prosedur audit serupa dengan yang dilaksanakan oleh auditor eksternal, baik fungsi audit internal maupun auditor internal tidak independen terhadap entitas sebagaimana yang diharuskan kepada auditor eksternal dalam suatu audit atas laporan keuangan berdasarkan SA 200 (Revisi 2021).

Perbedaan

Auditor internal adalah auditor yang memang merupakan bagian dari perusahaan dan biasanya berstatus sebagai karyawan perusahaan itu sendiri, sementara auditor external merupakan pihak luar yang di sewa perusahaan untuk melakukan audit berdasarkan kontrak yang telah disetujui. Biasanya auditor external merupakan karyawan dari Kantor Akuntan Publik (KAP).

Tugas

Seorang auditor internal memiliki tugas memberikan opini terhadap kewajaran laporan keuangan, khususnya penyajian dan hasilnya. Dan nantinya akan berguna untuk para manajer dalam mengambil keputusan untuk pengembangan usaha selanjutnya.

Auditor external, selain memberikan opini perlu pula melakukan evaluasi dan analisis laporan keuangan perusahaan, implementasi, manajemen risiko, dan memastikan tujuan perusahaan.

Fungsi

Setiap perusahaan memiliki auditor internal nya masing-masing untuk memastikan apakah karyawan mengikuti SOP perusahaan atau tidak, namun di samping hal itu masih memerlukan auditor external yang tidak memiliki hubungan dengan perusahaan dan tidak mempunyai kepentingan apapun juga diharapkan dapat memberikan opini secara independen, agar lebih dipercaya oleh pihak luar.

Diya Puspita

STEI SEBI

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image