Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Anissa Nurlely

"Ya Bunayya" Karya Salim. A. Fillah : Memahami Parenting Berbasis Al-Qur'an.

Parenting | Wednesday, 05 Jun 2024, 14:07 WIB
Sumber: Dokumen Pribadi

Ya Bunayya" merupakan salah satu karya Salim A. Fillah, sebuah karya eksplorasi yang hangat dan menginspirasi tentang membimbing anak dalam Islam. Melalui buku ini, penulis dengan indah mengungkapkan pentingnya membina hubungan orang tua-anak yang kuat yang didasarkan pada prinsip-prinsip Islam.

Mengupas berbagai aspek dari pendidikan anak dalam Islam, mulai dari menanamkan nilai-nilai moral hingga menumbuhkan cinta akan ibadah. Buku ini berisi tiga bagian, bagian pertama berisi tentang nilai dasar dan kurikulum pendidikan anak. Dimana terdapat tiga hal yang menjadi kurikulum pendidikan anak, yaitu bertaqwa kepada Allah SWT, mengucapkan perkataan yang lurus (benar) dan yang terakhir menanamkan rasa syukur keoada Allah SWT.

Bagian kedua berisi tentang prinsip pendidikan dari do'a khalilurrrahman. Pada bagian ini Salim A. Fillah menceritakan proses mendidik anak yang didasari kisah nabi ibrahim as. Nabi Ibrahim mendidik anaknya, ismail, dengan penuh keprihatinan. keprihatinan, keterbatasan ,ketidakmudahan dan tantangan kesulitan akan menjadikan anak kuat akan kesulitan-kesulitan yang akan di hadapi di masa depan. Hal lain yang perlu diperhatikan yaitu mampu menempatkan anak-anak kita berada di lingkungan yang baik dan juga tidak lupa dengan pemenuhan gizi yang baik.

Bagian terakhir berisi tentang mendidik dengan persahabatan. ketika anak sudah menjadi dewasa, adakalanya sebagai orang tua bisa menjadi sahabat bagi anak. Dengan begitu, orang tua akan mampu memahami watak dan karakter dari anak.

Dalam buku ini, Salim A. Fillah menghadirkan kisah-kisah inspiratif dan nasihat-nasihat yang menyentuh hati, disajikan dengan bahasa yang sederhana namun dalam. Salim A. Fillah juga berhasil menghadirkan karakter-karakter yang kuat dalam buku ini, baik dalam bentuk tokoh-tokoh inspiratif maupun situasi-situasi kehidupan yang dapat diidentifikasi pembaca. Hal ini membuat pembaca terhubung secara emosional dengan isi buku dan memudahkan mereka untuk mengambil pelajaran dari setiap cerita yang disajikan.

Secara keseluruhan, "Ya Bunayya" bukan hanya sekadar panduan parenting, tetapi juga merupakan sebuah karya yang mendalam tentang bagaimana memahami dan menerapkan ajaran Islam dalam mendidik generasi mendatang. Dengan pendekatan yang bijaksana dan mendalam, Salim A. Fillah memberikan kontribusi berharga bagi pembaca yang ingin menjalani peran orang tua dengan berlandaskan ajaran Al-Qur'an.

5-06-2024

Anissa Nurlely

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image