Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Khalisa Ananda

Kontribusi UMKM dalam Perekonomian Indonesia

UMKM | Saturday, 01 Jun 2024, 20:30 WIB
Photo by Anton on Unsplash

Sekarang ini sepertinya sudah tidak asing lagi dengan kata UMKM bukan? Tapi mungkin beberapa dari kita masih belum mengetahui apa itu arti dari UMKM. UMKM merupakan suatu singkatan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Dalam artian yang lebih luasnya UMKM merupakan suatu bisnis atau usaha dimana yang menjalankannya itu perorangan maupun kelompok. UMKM dapat dengan mudah kita temukan dilingkungan terdekat kita, mulai dari usaha kuliner, usaha kecantikan, usaha tata busana, usaha agribisnis, dan usaha otomotif pun dengan mudah dapat kita temukan dimana saja, mulai dari yang tempatnya sangat sederhana dengan harga yang murah sampai tempatnya begitu indah dimata dengan harga yang mahal pun sangat banyak disini.

UMKM memiliki beberapa kriteria usaha sesuai kepanjangannya, Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Usaha Mikro salah satu yang paling mudah kita temukan disekitar kita, contohnya seperti Warung madura 24 jam, Warteg, Warkop, dan pedagang kaki lima. Usaha Kecil juga dapat kita temukan dengan mudah di sekitar jalan yang ramai, seperti café, fotocopy, dan bengkel. Yang terakhir itu Usaha Menengah, biasanya Usaha yang tergolong kategori menengah mempunyai lahan yang luas dan juga banyak pelanggan yang berlangganan pada Usaha tersebut.

Karna sudah menjamurnya UMKM di Indonesia, maka pemerintah pun akhirnya membuat Undang-undang khusus untuk UMKM, yaitu pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008. Selain itu UMKM juga disebutkan pada Peraturan Pemerintah nomor 7 tahun 2021 tentang Kemudahan, Pelindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan UMKM. Itu semua ada karna UMKM memiliki banyak kontribusi di Indonesia. Mari kita ulik lebih jauh lagi kontribusi UMKM bagi Indonesia.

1. Meningkatkan Pendapatan Domesitik Bruto

Meskipun skala indrustinya kecil, namun UMKM memiliki peranan yang luar biasa untuk perputaran perekonomian di Indonesia. Bahkan hal tersebut tercata bahwa sektor UMKM telah menyumbang 62% PDB dengan nilai tembus 8.500 triliun rupiah, itu bukan merupakan angka yang kecil lho. Maka dari itu bagi kalian yang memiliki UMKM, kalian patut bangga karna telah menyumbang banyak PDB.

2. Memperluas Lapangan Kerja

Karna sudah banyaknya UMKM di Indonesia, maka dari itu UMKM hadir dan memperluas lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia. Tercatat UMKM telah berkontribusi pada penciptaan lapangan kerja yang telah menginjak angka 97% dari total angka lapangan kerja di Indonesia. Bahkan kini sudah banyak anak muda atau anak yang masih bersekolah sudah memiliki pekerjaan, karna semakin banyak UMKM yang membutuhkan pekerja paruh waktu yang bisa dikerjakan oleh anak yang masih bersekolah.

3. Penopang Perekonomian Negara

UMKM menjadi pahlawan perekonomian Indonesia, tercatat ada 99% unit UMKM di Indonesia yang beraneka ragam, UMKM hadir dan mampu menyerap 97% tenaga kerja Indonesia. Jika perekonomian Indonesia tidak dibantu oleh kehadiran UMKM maka akan lebih banyak lagi masyarakat miskin karna kesulitan mendapat pekerjaan. Tingkat pengangguran yang tinggi tentunya menjadi masalah bagi perekonomian Negara. UMKM juga dapat menggeser ketergantungan kita terhadap barang-barang Impor dan lebih mencintai produk Indonesia.

4. Meningkatkan Ekonomi Daerah

UMKM berkontribusi juga dalam meningkatkan perekonomian daerah, terutama pada sektor pariwisata. Sekarang ini sudah sangat banyak tempat wisata yang unik dan menarik di daerah, pengunjungnya pun tak hanya dari negeri kita saja melainkan turis juga ikut menikmati keindahan Indonesia ini.

5. Mensejahterakan Rakyat

UMKM telah hadir dan mensejahterakan rakyat karna banyak hal, mulai dari berkurangnya pengangguran, mencari kerja lebih mudah, banyak produksi barang harga murah dengan kualitas yang bagus, kehadiran UMKM pun membuat kita lebih mudah untuk menemukan barang serta jasa yang kita butuhkan.

Setelah membahas kontribusi UMKM di Indonesia, sudah saatnya kita mulai mencintai produk buatan negeri sendiri dan juga lebih peduli lagi akan kehadiran UMKM disekitar kita. Ingat, UMKM merupakan pahlawan perekonomian bangsa kita, maka kita harus terus memberi dukungan kepada para UMKM.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image