Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image tia nur rizky

Definisi dan Perkembangan Sistem Ekonomi Syariah

Sejarah | Wednesday, 22 May 2024, 18:15 WIB

Definisi system ekonomi Syariah dan juga prinsip nya

System ekonomi Syariah Merupakan system ekonomi yang di landaskan pada nilai-nilai islam, yaitu Al-Qur’an, sunnah, hadits, ijma’, dan qiyas sehingga dikenal dengan ekonomi islam

Karena system ini menganut pada konsep akidah dan juga keimanan seorang umat islam kepada tuhan nya. Kemudian iman itu di aplikasikan pada terwujudnya bentuk perilaku Syariah, perilaku, akhlak,sikap, etika, semua Tindakan yang mencerminkan seorang muslim.

Sistem ekonomi Syariah hadir dengan tujuan utama yaitu kemaslahatan yang merata, dan kebebasan sehingga tercipta kehidupan masyarakat yang sejahtera.

Prinsip-prinsip dasar system ekonomi Syariah

- Pemerataan dari kekayaan

- Pelarangan riba dalam bentuk apapun

- Tidak ada kepemilikan tetap atas sesuatu

- Wajib mengeluarkan zakat dengan catatan kekayaan tertentu dan sudah mencapai nasab

Pengembangan system ekonomi Syariah terutama di kanca internasional hingga sekarang ini dengan kategori minoritas muslim, sudah banyak yang mempraktekan serta menganut ekonomi syairah karena system ini menciptakan ekonomi yang menunjang kesejahteraan negaranya

Menurut siti mujaitun 2k14 dalam jurnal analytica islamica, tiga system ekonomi dunia yakni, kapitalis, sosialis, dan mix economic yang di anut di negara-negara tersebut di anggap tidak berhasil, karena memiliki banyak kekurangan dibandingkan kelebihannya. Ketiga system ekonomi tersebut memiliki masalah pokok yang sama, yaitu bergantung pada macam-macam tingkah laku pada setiap individu yang di perhitungkan menggunakan persyaratan masyarakat.

Kehadiran system ini yang bersifat universal muncul sebagai harapan baru bagi banya negara. System ini di harapkan menjadi system ekonomi solutif dari ekonomi kapitalis dan sosialis, karena dengan system yang menganut pada akidah dan juga Syariah islam bertujuan pada kemaslahatan Bersama bukan kepentingan pribadi, dan menumbuhkan rasa kekeluargaan, kebersamaan, transparan, juga bermanfaat bagi masyarakat banyak.

Tentunya dengan berkembang pesat nya system ekonomi Syariah mampu membuktikan bahwa kita sebagai mahasiswa ekonomi Syariah harus bisa meningkatkan lebih tinggi lagi system ini dan terbang lebih tinggi lagi, karena dengan hadirnya system ini banyak menguntungkan banyak golongan, bukan1 tapi banyak, dengan modal kita sebagai penuntut ilmu yang nantinya akan mewarisi kedepannya dan berpegang teguh pada Syariah dan akidah, akan membuat system ini terus melaju hingga mencapai pada titik kejayaan.

Pertumbuhan ekonomi Syariah untuk masa depan, system ekonomi ini adalah industry baru yang telah sukses mendapatkan daya Tarik di tingkat global.aspek system tersebut khusus nya keuangan islam, di dasarkan pada prinsip dan hukum Syariah dan melarang transaksi bunga,spekulasi, dan perjudian,keuangan islam memperbaiki resiko, investasi etis, dan tanggung jawab social

Pada tahun 2021, industry keuangan Syariah global telah berhasil tumbuh pada tingkat rata rata 11-15% per tahun pertumbuhan ini di dorong oleh beberapa factor, termasuk meningkatnya permintaan akan tanggung jawab dan social, pilihan investasi, pertumbuhan populasi muslim, dan kebangkitan keungan islam di negara-negara seperti Malaysia, arab Saudi, dan juga indonesia

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image