Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Silvia Yuni Nur Azizah

Pentingnya Kebugaran Fisik Dalam Merawat Kesehatan Mental

Edukasi | Tuesday, 21 May 2024, 23:04 WIB
sumber : https://images.app.goo.gl/pbPDjSun1QC1ynRHA

Aktivitas fisik dapat diartikan sebagai semua gerakan yang dilakukan oleh tubuh dan membutuhkan pengeluaran energi. Aktivitas fisik dapat dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan tingkatannya, yaitu aktivitas fisik berat, contohnya berlari, bersepeda cepat atau mendaki gunung, berenang cepat, sepak bola atau basket. Kedua ada aktivitas fisik sedang yaitu, aktivitas yang membutuhkan banyak kalori, aktivitas ini merupakan aktivitas ringan, namun dikerjakan secara terus menerus, contohnya menyapu, mengepel, dll. Yang terakhir yaitu ada aktivitas fisik ringan, contoh berjalan kaki.

Kesehatan mental itu sendiri merupakan kondisi ketika seseorang merasa bahagia dan mampu mengolah stres yang dimilikinya serta bisa beradaptasi dengan baik, kesehatan mental merujuk pada kondisi kesejahteraan emosional seseorang. Ini memengaruhi cara individu berpikir, dan bertindak dalam menghadapi kehidupan. Kesehatan mental juga menentukan bagaimana seseorang berhubungan dengan orang lain dan membuat keputusan di dalam hidupnya.

Gangguan Kesehatan mental yang terjadi di Indonesia, umumnya adalah kecemasan, stres, depresi hingga trauma. Pada kasus trauma biasanya karena korban kekerasan atau pelecehan seksual. Namun banyak keluarga yang mengabaikan kesehatan mental ini, keluarga seharusnya menjadi penguat untuk anggota keluarga yang memiliki gangguan kesehatan mental. Selain keluarga kesadaran diri juga perlu untuk mengatasi masalah kesehatan mental, salah satunya yaitu dengan aktivitas fisik.

Inilah beberapa alasan mengapa aktivitas fisik berpengaruh pada kesehatan mental :

Mengatasi Stres dan Kecemasan

Aktivitas fisik dapat meringankan gejala pengidap gangguan cemas dan depresi. Hal ini terjadi karena olahraga bisa merangsang produksi hormon endorfin yang mana hormon tersebut berperan sebagai pereda rasa nyeri dan hormon yang bisa meningkatkan rasa bahagia. Guna mengoptimalkan manfaat ini, lakukan olahraga di pagi hari agar bisa mendapatkan cukup sinar matahari. Karena, sinar matahari pada pagi hari menyehatkan dan dapaat meningkatkan jumlah vitamin D dalam tubuh. Sehingga, risiko depresi pun bisa berkurang dan tubuh juga semakin sehat.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Kesehatan mental yang baik sering kali terkait erat dengan kualitas tidur yang baik. Olahraga teratur dapat membantu mengatur pola tidur kita. Banyak penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering berolahraga memiliki waktu tidur yang lebih teratur dan lebih nyenyak dibandingkan dengan orang yang kurang olahraga atau aktif secara fisik. Tidur yang memadai sangat penting untuk proses pemulihan fisik dan mental.

Meningkatkan Mood

Aktivitas fisik merangsang produksi hormon endorfin, yang dapat membantu mengurangi perasaan sakit dan memicu perasaan yang positif. Jika suasana hati sedang tidak stabil, cobalah melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki. Karena jalan kaki dapat menjadi kegiatan rekreasi, dan menjadi olahraga aerobik yang baik untuk sistem kardiovaskular.

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Pengaruh olahraga terhadap kesehatan mental berikutnya adalah meningkatkan rasa percaya diri, pasalnya rutin berolahraga dapat membuat berat badan menjadi lebih ideal sehingga kepercayaan diri pun akan meningkat. Tidak hanya itu, beberapa jenis olahraga seperti basket, sepak bola, dan voli memerlukan kerja sama tim yang baik antar anggotanya. Hal ini tentu dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk bersosialisasi dan berinteraksi dengan banyak orang.

Menjaga Keseimbangan Emosional

Olahraga tidak hanya tentang penampilan fisik, tetapi juga tentang kesehatan mental. Dengan menjaga kebugaran fisik kita, kita juga menjaga keseimbangan emosional kita. Ketika tubuh kita kuat dan sehat, kita lebih mampu menghadapi tekanan dan tantangan hidup tanpa terlalu terpengaruh secara negatif oleh mereka.

Membuat Hidup Menjadi Lebih Bahagia

Hormon-hormon yang dilepaskan oleh otak selama berolahraga, seperti dopamin, serotonin, dan endorfin dapat meningkatkan suasana hati. Apabila dilakukan dalam jangka panjang, ketiga hormon tersebut dapat meningkatkan fungsi otak menjadi lebih baik.

Cara Memulai Rutinitas Kebugaran untuk Kesehatan Mental

Memulai rutinitas kebugaran tidak harus memerlukan komitmen waktu yang besar. Berikut beberapa tips untuk memulai:

1. Mulailah dengan yang Sederhana: Jalan kaki, bersepeda, atau yoga adalah contoh aktivitas fisik yang mudah diakses dan dapat dilakukan hampir di mana saja.

2. Tetapkan Tujuan : Mulailah dengan tujuan kecil dan tingkatkan durasi olahraga seiring waktu.

3. Gabungkan dengan Aktivitas Menyenangkan: Pilih olahraga atau aktivitas fisik yang Anda nikmati atau senangi sehingga Anda mungkin lebih konsisten.

4. Libatkan Teman atau Keluarga: Berolahraga dengan orang lain dapat meningkatkan motivasi dan menjadikan aktivitas tersebut lebih menyenangkan.

Itulah beberapa manfaat dan tips olahraga untuk kesehatan mental kita. Dalam dunia saat ini menjaga kesehatan mental menjadi semakin penting. Salah satu caranya yaitu dengan melakukan aktivitas fisik dengan berolahraga secara teratur, pola makan yang sehat agar tubuh kita menjadi kuat. Dengan menjaga tubuh kita, kita juga telah menjaga pikiran agar tetap tenang dan sehat. Jadi, dapat memberikan manfaat yang signifikan untuk kesehatan mental. Dengan memahami dan mengintegrasikan keduanya, kita dapat mencapai kesejahteraan hidup serta bisa hidup bahagia.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image