Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Bhenu Artha

Kreativitas, Inovasi, dan Sociopreneur

Sinau | 2024-05-16 15:55:21
Antonius Satria Hadi, Ph.D. memaparkan materi entrepreneurship

Entrepreneurship merupakan proses kreatif dan inovatif dalam menciptakan nilai dan memanfaatkan kesempatan bisnis dengan mengelola risiko, yang bertujuan adalah memberikan manfaat kepada orang lain, membuka lapangan pekerjaan, serta menciptakan sesuatu yang memiliki nilai jual melalui inovasi dan keunikan. Hal ini disampaikan oleh Antonius Satria Hadi, Ph.D. dalam Workshop Kewirausahaan dengan tema Kewirausahaan dan Pemasaran Online sebagai Profesi Masa Depan Lulusan Sosiologi pada Kamis (16/5/2024) di Kampus Terpadu Universitas Widya Mataram (UWM), Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta.

Acara ini juga menghadirkan narasumber Dr. AS Martadani Noor yang merupakan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) UWM dan Alexander John Hartanto yang merupakan seorang musicpreneur. Acara ini dimoderatori oleh Dr. Mukhijab, M.A. yang merupakan Ketua Program Studi (Kaprodi) Sosiologi UWM.

Lebih lanjut, Satria mengungkapkan bahwa creativity merupakan kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yg baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata, yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya. “Berfikir kreatif artinya adalah melihat dengan sudut pandang yang baru lalu membentuk kombinasi pemikiran baru (perspektif),” kata dosen Program Studi Kewirausahaan Fakultas Ekonomi UWM ini.

Peserta berfoto bersama moderator dan narasumber

Kreativitas dan inovasi berada dalam domain yang sama, tetapi memiliki batasan yang tegas. “Kreativitas merupakan langkah pertama menuju inovasi dan berkaitan dengan ide-ide yang bermanfaat. Inovasi berkaitan dengan produksi, adopsi, dan modifikasi ide-ide serta mengimplementasikan,” kata Kepala Urusan Internasional UWM ini.

“Dalam dunia entrepreneur juga dikenal istilah sociopreneur, yaitu bisnis yang tidak hanya mementingkan keuntungan semata, tetapi juga fokus pada unsur sosial demi kesejahteraan orang banyak,” pungkasnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image