Tips Berwisata Ke Pegunungan dan Tempat Bersuhu Rendah Lainnya

Image
Redaktur Eksekutif
Wisata | Monday, 17 Jan 2022, 15:16 WIB
nahwatour.com" />
gambar : nahwatour.com

Tindakan pencegahan saat bepergian ke tujuan wisata dengan suhu rendah perlu dilakukan agar tidak terjadi sesuatu yang diluar yang diharapkan. Sebagai Contoh kita ambil wisata ke Gunung Bromo, dimana suhu udara pasti dinginnya pakai banget. Iya, khannn.

Memang benar perjalanan ke Gunung Bromo bukan tentang mendaki gunung yang harus anda persiapkan. Namun perlu diketahui sebelumnya bahwa cuaca di Bromo sangat dingin, dan Anda harus menaiki 250 anak tangga batu agar cukup kuat untuk melihat kawah Gunung Bromo.

Oleh karena itu, saya harap Anda memiliki daya tahan yang cukup untuk tidak mudah jatuh meskipun dalam cuaca yang berubah-ubah dengan tubuh yang terlatih. Perjalanan liburan tidak sempurna ketika Anda sampai di tujuan, tetapi beberapa orang merasa tidak enak badan dan mereka masuk angin dan pingsan!

Khususnya jika Anda berencana menggunakan sepeda motor melalui desa-desa di sekitar objek wisata alam Gunung Bromo, Anda harus mempersiapkan diri terlebih dahulu. Agar tetap sehat dari awal hingga akhir perjalanan Anda ke gunung bromo ini, lihat tips perjalanan kami untuk perjalanan wisata yang lebih keren di bawah ini.

Persiapkan Pakaian Dan Perlengkapan Untuk Wisata di Daerah Dingin

Udara dingin yang ada di sekitar Gunung Bromo ini merupakan sebuah tantangan besar yang harus bisa anda hadapi, karena suhu udaranya bisa mencapai 10 derajat celcius. Selain fisik yang fit, anda perlu membawa pakaian dan perlengkapan lainnya yang harus kita siapkan dengan baik dan dalam kondisi dingin.

Berikut ini beberapa rekomendasi yang kami berikan mengenai pakaian yang harus anda siapkan sebelum melakukan perjalanan liburan ke kawasan wisata alam pegunungan dan hutan :

1. Jaket Tebal.

Jaket yang direkomendasikan adalah jaket yang mampu menahan udara dingin dan bukan sekedar jaket fashion saja. Bawalah beberapa kaos lengan panjang yang bisa kalian manfaatkan sebelum memakai jaket namun tetap bisa tampil trendy.

Daya tahan tubuh setiap orang berbeda-beda, jadi pastikan untuk membawa pakaian yang tebal.

2. Celana Panjang Tebal

Celana luar ruangan atau celana tebal, seperti celana panjang yang terbuat dari kain tebal dan longgar untuk melindungi kaki dari udara yang sangat dingin di daerah wisata pegunungan. Biasanya para pendaki memakai celana panjang ini, namun Anda tetap perlu memperhatikan model Anda jika ingin tetap bergaya.

3. Syal, Topi dan Sarung Tangan

Jaket tidak dapat menutupi seluruh badan, sehingga harus memakai selendang, topi dan sarung tangan. Syal dan topi yang bisa melindungi leher dari hawa dingin di pegunungan adalah topi yang melindungi kepala dari rasa dingin, dan sangat direkomendasikan untuk mereka yang botak.

Selain untuk melindungi kepala, kopiah juga berguna untuk menutup telinga untuk meredakan tekanan udara di puncak Gunung Bromo. Terakhir namun tidak kalah pentingnya adalah sarung tangan.

Jangan khawatir jika Anda lupa membawa perlengkapan Anda. Jangan khawatir, ada banyak toko suvenir di sekitar Gunung Bromo yang mengkhususkan diri dalam berbagai syal, penutup kepala dan sarung tangan. Tapi harganya lebih mahal.

4. Sepatu

Jangan mengira Anda akan mengenakan sandal dalam cuaca dingin ketika Anda mencapai puncak . Perhatikan kontur jalan yang akan Anda lalui nanti. Sebagian besar berbatu dan licin.

Sepatu bot atau sepatu hiking akan lebih berguna daripada sepatu kets. Tidak hanya tahan lama, sepatu jenis ini juga akan melindungi Anda dari cedera saat terjatuh.

5. Senter

Senter adalah barang yang berguna untuk menikmati matahari terbit di malam hari, bahkan saat langit gelap, karena ia dengan aman naik ke puncak dan terus mendaki sebelum mendirikan tenda.

Pencahayaan senter sangat membantu saat melewati jalan yang curam. Selalu ingat untuk berhati-hati dalam perjalanan ini.

6. Masker

Karena tempat ini terletak di tengah pantai berpasir dan berada di ketinggian, sangat penting untuk memakai masker untuk melindungi hidung dan mulut Anda dari debu pasir yang dapat menyebabkan batuk dan sakit tenggorokan setiap saat.

7. Kacamata

Terakhir, kacamata juga dapat melindungi mata Anda dari debu, sinar matahari atau angin. Pilih sesuatu yang keren dan trendi. Pastinya anda tetap dapat naik gunung dengan bergaya , Mantap toh.

8. Bagasi dan Perlengkapan

Pendakian yang panjang dan terjal menuju puncak Gunung Bromo membutuhkan perjuangan dan persiapan yang tidak sedikit. Jadi alat ini harus dimiliki.


Pengabadian Momen Berwisata dengan Kamera

Kamera dan perlengkapannya bermanfaat untuk bisa foto foto yang keren sebagai kenangan manis saat anda berhasil tiba di atas puncak bukit, apalagi kalau anda bisa membuat foto dengan latar belakang sunrise yang natural, jangan lupa untuk membawa tripod, karena waktu sunrise sangat cepet sekali, jadi jangan anda melewatkan moment itu.

Persiapan baterainya dicharge, selain itu Hp, tablet, puyer atau obat obatan lainnya juga perlu dibawa.


Bawa Makanan Dan Minuman

Meskipun banyak sekali penjual makanan yang akan kalian temui di puncak gunung, anda tetap harus membawa beberapa makanan / minuman kecil untuk mengantisipasi rasa lapar yang bisa datang dengan mendadak, apalagi udaranya sangat dingin yang bisa memicu munculnya rasa lapar menjadi sering. Untuk harga makanan / minuman yang dijual disana adalah relatif lebih mahal.

Siapkan Uang Tunai Yang Cukup

Bawalah uang tunai sesuai dengan kebutuhan selama anda berwisata ke Gunung Bromo untuk membiayai rencana wisata dan kegiatan anda lainnya selama disana. Untuk mempermudah perjalanan, kadang kita juga perlu melakukan sewa jeep bromo. Penting untuk anda yang ingin jalan jalan di pantai berbisik dan tempat lain yang jaraknya cukup jauh. Pastikan bawa uang lebih karena kalian tidak akan menemukan mesin ATM di sekitar tempat wisata pegunungan tersebut.

sewa jeep bromo terpercaya, photo by nahwatour.com

Salah satu tujuan utama pendaki adalah melihat indahnya matahari terbit dari puncak gunung. Karena sunrise dari puncak gunung bromo akan terlihat sangat indah. Keberangkatan sebelum waktu check-in. Kemudian Anda akan bertemu dengan rombongan wisatawan lain yang ingin mencari matahari terbit yang indah. Tentu ini akan menjadi perjalanan yang sangat menarik.


Do'a Orang Tua / Pasangan

Setelah semuanya siap, mohon doanya agar semuanya berjalan lancar sebelum perjalanan. Amin. Nah, itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum liburan ke Gunung Bromo. Semoga bermanfaat untuk membuat liburan Anda lancar dan menyenangkan.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Semarak HDKD ke-77, Lapas Sekayu Gelar Porsenap

Image

Topeng Bopeng

Image

Sambut HDKD ke-77, Rutan Prabumulih Kemenkumham Sumsel Gelar Bersih-Bersih Tempat Ibadah

Image

Hendaklah Cari Pengganti - Happy Asmara

Image

Semarak HDKD Ke-77, Lapas Kelas IIB Brebes Bersih-Bersih Taman Makam Pahlawan Dengan Penuh Semangat

Image

Kemenkumham Jateng Gelar Aksi Bersih Bersih Taman Makam Pahlawan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image