Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Suko Waspodo

4 Cara Hebat untuk Meningkatkan Perawatan Diri dan Kesejahteraan Anda

Eduaksi | Monday, 06 May 2024, 22:32 WIB
Sumber gambar: Red Bridge Production

Cara menyirami bunga, bukan rumput liar, di taman hidup Anda.

Poin-Poin Penting

· Tidak ada yang bisa melakukan perawatan diri untuk kita.

· Di setiap momen dalam hidup kita, kita dapat memilih bagaimana kita memandang diri kita sendiri dan dunia di sekitar kita.

· Daripada menyebut diri kita "baik" atau "buruk", kita bisa belajar menerima diri sendiri dengan lebih menyayangi diri sendiri.

Itu yang kita inginkan. Lalu ada apa.

Hidup dipenuhi dengan bunga-bunga indah. Lalu ada rumput liar. Dan tidak ada yang bisa melindungi kita dari rumput liar, tanah kering, dan tanah berbatu di taman kehidupan kita. Tidak ada pagar yang cukup tinggi untuk mencegah gangguan, emosi, dan pengalaman yang tidak diinginkan.

Bagaimana kita menangani gulma? Strategi apa yang dapat membantu kita memperhatikan keindahan, warna, dan keharuman bunga dan pepohonan? Bagaimana cara kita menangani gulma ketika pertama kali kita menyadarinya, sebelum ukurannya menjadi terlalu besar dan berpotensi merusak?

Tentu saja, dengan mengesampingkan metafora tersebut, inilah pertanyaan besarnya: Bagaimana kita belajar merawat taman dalam kehidupan kita sehari-hari? Cepat atau lambat kita belajar, terkadang dengan cara yang sulit, bahwa tidak ada seorang pun yang bisa melakukan perawatan diri untuk kita:

· Hidup kita adalah taman kita dan kita menjadi lebih rentan dari yang kita inginkan.

· Kita membutuhkan cukup air, sinar matahari, dan tanah yang baik untuk tumbuh subur.

· Kita perlu menjaga diri kita sendiri dan tidak bisa bergantung pada orang lain untuk melakukan perawatan diri untuk kita.

· Kita perlu menyirami bunganya, bukan rumput liarnya.

Ya, itulah yang Anda inginkan dan apa adanya. Namun di setiap momen, Anda dapat memilih cara Anda memandang diri sendiri dan dunia di sekitar Anda. Dan meskipun orang lain dapat mendukung dan menyemangati Anda, Andalah yang harus merawat taman Anda sendiri.

Apa yang Anda butuhkan untuk perawatan diri? Ada banyak jalan menuju perawatan diri dan berkembang. Berikut beberapa di antaranya:

1. Terhubung dengan Nilai-Nilai Anda. Nilai-nilai Anda seperti kompas batin Anda, memberi tahu Anda apa yang benar-benar penting bagi Anda, mengundang Anda ke tempat di mana Anda ingin memfokuskan energi Anda, dan menawarkan sumber wawasan dan motivasi.

Sangat mudah untuk tersesat dalam kehidupan sehari-hari, salah menempatkan apa yang benar-benar penting bagi Anda dalam gambaran besar keberadaan Anda. Kehilangan kontak dengan nilai-nilai Anda bisa seperti menyirami rumput liar dan dapat menyebabkan berbagai macam penderitaan. Sebaliknya, membuat pilihan berdasarkan nilai-nilai Anda menawarkan makna dan arah yang lebih besar. Nilai-nilai yang Anda pilih untuk dijalani terserah Anda. Apa yang benar-benar Anda hargai?

2. Membangkitkan dan Mempraktikkan Welas Asih. Menurut psikolog Kristen Neff, Ph.D., self-compassion (welas asih) melibatkan melihat kehidupan Anda sendiri berdasarkan pengalaman manusia pada umumnya. Daripada melabeli diri sendiri sebagai “baik” atau “buruk”, Anda bisa belajar menerima diri sendiri dengan hati yang lebih terbuka. Pergeseran perspektif ini dapat mengubah hidup. Bagaimana jadinya jika Anda menawarkan diri Anda kebaikan dan kepedulian yang sama seperti yang Anda bagikan kepada teman baik atau orang yang Anda kasihi?

Neff menulis bahwa biasanya hampir tidak ada orang yang kita perlakukan seburuk kita memperlakukan diri kita sendiri. Namun, ada banyak cara untuk meningkatkan rasa welas asih, menawarkan kelembutan dan kebaikan yang Anda butuhkan.

Salah satu cara untuk memulainya adalah dengan menawarkan perhatian pada diri sendiri dengan lembut, dengan kata-kata yang baik dan nada suara yang meyakinkan. Misalnya: “Tidak apa-apa sayang, kamu baik-baik saja.” Ketika ada sesuatu yang mengganggu Anda, Anda bisa mencoba lebih bersabar terhadap diri sendiri. Neff merekomendasikan untuk menulis kepada diri sendiri secara teratur dengan kata-kata yang baik dan menghibur. Anda dapat menulis di jurnal atau mencatat pemikiran baik Anda di perangkat elektronik.

3. Menikmati Pengalaman yang Memberi Anda Kesenangan. Tidak ada rumus pasti mengenai apa yang disukai setiap orang, namun daftar singkat ini memberikan beberapa contoh:

Pergilah keluar ke alam terbuka. Bermain permainan. Menonton film atau konser. Peliharalah taman Anda, di jendela atau di luar ruangan. Berjalanlah dengan teman atau anjing Anda. Nikmati sinar matahari yang masuk melalui jendela. Bergaul dengan orang terkasih, teman, atau kenalan yang Anda sukai. Hubungi seseorang yang Anda sayangi. Sukarelawan. Ciptakan karya seni, musik, atau kerajinan. Tulis puisi atau cerita hanya untuk bersenang-senang. Masak sesuatu yang Anda sukai. Lakukan tindakan kebaikan secara acak.

4. Menempatkan Segala Sesuatu dalam Perspektif dengan Rasa Syukur. Entah hari itu berjalan baik atau buruk, ada baiknya jika Anda mengingatkan diri sendiri tentang hal-hal yang Anda syukuri. Bahkan ketika masa-masa sulit, berhenti sejenak untuk memperhatikan momen, pengalaman, atau peristiwa kecil yang positif dapat memberi Anda perspektif yang lebih luas.

Apa yang Anda butuhkan untuk perawatan diri di taman kehidupan Anda? Bagaimana Anda bisa mengambil langkah untuk menyiram bunga, bukan rumput liar?

***

Solo, Senin, 6 Mei 2024. 10:20 pm

Suko Waspodo

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image