Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Haryani Lestari

Clean Eating: Gaya Hidup Sehat dengan Pola Makan Bersih

Gaya Hidup | Monday, 06 May 2024, 12:02 WIB

Clean eating atau pola makan bersih adalah suatu konsep dalam nutrisi yang menekankan konsumsi makanan alami, segar, dan minim proses. Dengan fokus pada makanan utuh dan minimnya penggunaan bahan tambahan, clean eating bertujuan untuk mempromosikan kesehatan secara holistik.

Pola makan bersih mengedepankan konsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, protein tanpa lemak, serta lemak sehat. Makanan olahan, gula tambahan, pengawet, serta pewarna buatan dihindari sebisa mungkin. Dengan demikian, clean eating tidak hanya mencakup aspek nutrisi, tetapi juga melibatkan pemahaman terhadap sumber makanan, cara pengolahan, dan dampaknya terhadap tubuh.

Manfaat dari clean eating meliputi peningkatan energi, penurunan risiko penyakit jantung, diabetes, dan obesitas, serta mendukung kesehatan pencernaan. Selain itu, pola makan ini juga dapat memberikan dampak positif pada kesehatan mental, karena kandungan nutrisi yang tinggi dalam makanan alami dapat memengaruhi keseimbangan kimia dalam otak.

Untuk menerapkan clean eating dalam kehidupan sehari-hari, penting untuk memilih makanan dengan label bahan minimal, mengonsumsi makanan organik jika memungkinkan, serta memasak sendiri makanan untuk menghindari tambahan bahan-bahan yang tidak sehat. Selain itu, mengurangi konsumsi gula tambahan dan makanan olahan merupakan langkah penting dalam menjalani pola makan bersih.

Dengan mengadopsi clean eating, seseorang dapat memperoleh manfaat kesehatan jangka panjang yang signifikan. Namun, konsistensi dan pengetahuan yang baik tentang makanan yang dikonsumsi sangatlah penting. Clean eating bukanlah tentang diet singkat untuk tujuan estetika semata, melainkan gaya hidup sehat yang berkelanjutan untuk kesejahteraan tubuh dan pikiran.

Untuk yang pemula dan baru mau coba, mulai ngejus wortel (1 bh) dan tomat (2 bh) dulu aja biar gak kagok ya.

Rekomendasi menu clean eating selama satu minggu! (source by vt.tiktok: @rizantifadilah)

1. Senin: Strawberry + buah naga + plain yogurt + granola (di makan, tidak di jus)

2. Selasa: Smoothies nanas + kale + timun (di jus, wajib NO SUGAR)

3. Rabu: Dada ayam panggang + telur dadar no oil + abon sapi + brokoli kukus (di makan, tidak di jus)

4. Kamis: Salad tomat + selada + timun + semangka + nanas + telur rebus (di makan, tidak di jus)

5. Jum'at: Ubi kukus + timun + oseng cumi + tumis kacang panjang (di makan, tidak di jus)

6. Sabtu: Salad kentang panggang + tumis ayam + telur rebus + timun + selada + jagung + tomat (di makan, tidak di jus)

7. Minggu: Smoothies semangka + strawberry + lemon (di jus, wajib NO SUGAR)

Semua bahan diatas secukupnya aja ya pas mau di sajikan dan harus konsisten jika mau hasilnya maksimal

Selamat Mencoba!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image