Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Serli Anggraini

Resolusi Umum 1686-1811

Sejarah | Sunday, 28 Apr 2024, 21:36 WIB

Lampiran resolusi Kastil Batavia merupakan beberapa dokumen yang diterima oleh bagian sekretariat Gubernur Jenderal dan Dewan Hindia Belanda di sebuah Kastil yang bernama Batavia. Lampiran ini termasuk dalam seri dokumen terbesar dari dokumen yang terletak di arsip Kastil Batavia. Jilidnya sampai 763, dan memiliki jumlah hingga 555.000 sedangkan halaman kira-kira 25-30.000 dokumen. Sebenarnya lampiran ini sangat susah untuk dikenali oleh sejarawan yang belum perna meneliti secara sistematis terhadap seri ini. Secara bersamaan, entri pangkalan data dengan deskripsi dokumen akan dibuat dan dipublikasikan. Entri ini nantinya akan menyediakan akses ke nomor dokumen yang terseleksi.

Seri unik ini memiliki signifikansi penting, baik dalam konteks sejarah Asia maupun Eropa. Beberapa dokumen langsung terkait dengan sejarah kerajaan-kerajaan Jawa di selatan dan tengah, serta kesultanan dan penguasanya di wilayah lain Nusantara. Contohnya, terdapat surat masuk dan permohonan dari Raja-raja dan Bupati-bupati, khususnya dari Priangan, Jawa Barat. Surat-surat ini juga mencakup daftar upeti hadiah diplomatik yang diterima, serta 'proyek hadiah' yang dikirim oleh Batavia sebagai balasan kepada penguasa Asia. Daftar hadiah ini dapat diakses langsung melalui mesin pencari pada pangkalan data surat diplomasi di situs ini. Selain itu, dokumen-dokumen yang berhubungan dengan perdagangan laut VOC, seperti rekening konsumsi dan daftar kargo dari kapal yang tiba, juga tersedia dalam jumlah besar.

Dokumen lain terkait dengan aktivitas perdagangan VOC, mencakup laporan-laporan tentang gudang penyimpanan dan jenis komoditas, serta urusan militer dan pegawai. Banyak dokumen berasal dari lembaga publik Batavia, seperti rekening tahunan panti asuhan kota dan diakoni, serta peninjauan tanah di Ommelanden (daerah pedalaman Batavia, sekarang Jabodetabek) atau proyek-proyek bangunan. Dokumen ini memberikan wawasan tentang kehidupan sosial di Batavia. Sejumlah dokumen juga berasal dari orang Asia swasta (terutama China), Indo-Eropa (mestizo), dan penduduk Eropa yang mengajukan permohonan ke kastil Batavia atas berbagai alasan. Dokumen ini tidak hanya penting untuk sejarah genealogi, tetapi juga memperkenalkan kita pada masyarakat multi-etnis di Batavia, di mana individu-individu Batavia berinteraksi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image