Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ni Made Gita Prema

Diklat Jurnalistik di Era Digital SMPN 2 Candi Tahun Ajaran 2023/2024

Sekolah | Tuesday, 23 Apr 2024, 13:49 WIB

Selasa, 23 April 2024 pukul 09.00, di aula SMP Negeri 2 Candi, Terlihat sejumlah 50 orang berada di dalamnya. Mulai dari, Bapak Kepala SMP Negeri 2 Candi, yaitu Bapak Sukardi S.Pd, M.Pd, Ibu Hidayatul Ainiyah sebagai Waka Kesiswaan, Bapak Haris Yhaniar Achmad sebagai Koordinator Ekstra dan Pembina OSIS, Bapak M. Masyrukhien, S.Pd sebagai Pelatih Ekstrakulikuler Jurnalistik SMP Negeri 2 Candi, Ibu Jamilatun Heni Marfu'ah, S.Kom.S.Pd dari Lembaga Pendidikan Nurul Fikri Sidoarjo sebagai kedua narasumber diklat, dan dihadiri oleh perwakilan pengurus OSIS-MPK Periode 2023/2024, dan anggota ekstra Jurnalistik yang masih kelas 7 dan kelas 8.
Selama pemaparan materi, kedua narasumber juga mengajak peserta Diklat untuk langsung praktik, praktik pertama yaitu menulis berita terkait Gebyar P5 Batik siswa Kelas 8 & Peringatan Hari Kartini 2024 yang telah dilaksanakan Pada hari Sabtu, 20 April 2024 dari pukul 07.15 - 11.00, di lapangan sekolah. Bapak Agus memaparkan materi dengan gaya bahasa sehari - hari yang asyik, sehingga mudah untuk dipahami. Beliau memberikan kami lembaran fotokopi materi berita Features dan menunjukkan contoh teks berita.

Pak Agus meminta Achmad Falahuddin Al - Bakhi kelas 8F untuk memberi tanggapan untuk foto tersebut, yang bisa menjadi sebuah berita. Sesi tanya jawab juga dibuka setelah pemaparan materi selesai. Hasil karya teks berita dikumpulkan ke Ketua OSIS, untuk kemudian disempurnakan menjadi satu berita utuh. 
Pak Agus meminta Achmad Falahuddin Al - Bakhi kelas 8F untuk memberi tanggapan untuk foto tersebut, yang bisa menjadi sebuah berita. Sesi tanya jawab juga dibuka setelah pemaparan materi selesai. Hasil karya teks berita dikumpulkan ke Ketua OSIS, untuk kemudian disempurnakan menjadi satu berita utuh.

Selanjutnya, Bu Heni juga mengajak kita praktik untuk berani menulis berita acara Diklat Jurnalistik, dan diunggah di website ini, Serta mengunggah foto atau video dokumentasi kegiatan hari ini di akun pribadi instagram masing - masing peserta. Suasana acara hari ini sangatlah meriah, sangat seru, dan menyenangkan, Karena pada acara hari ini kita bisa bertukar pikiran tentang Jurnalistik, dan Cara Membuat Konten di Sosial Media hingga diunggah di berbagai platform. Dari Bu Heni juga akan memberikan 3 buku berjudul "Kecil-Kecil Jago Jualan" bagi 3 peserta Diklat pertama yang mengunggah karya Berita Acara hari ini di laman website republika ini. 3 Buku ini dititipkan kepada MC acara. Sungguh menarik kan?

Foto Dokumentasi ketika Bu Herni menjelaskan materi, dan contoh buku yang menjadi hadiah bagi peserta diklat Jurnalistik SPENDADI 2024.
Foto Dokumentasi ketika Bu Herni menjelaskan materi, dan contoh buku yang menjadi hadiah bagi peserta diklat Jurnalistik SPENDADI 2024.


Selain mendapat banyak ilmu baru, banyak cerita pengalaman baru, banyak mendapat motivasi - motivasi untuk berkarya, Kami juga mendapat nasi kotak dan air mineral, satu anak satu. Hahaha.... hal ini tentu membuat kami kenyang, dan bertambahnya kebahagiaan kami pada hari ini. Setiap setelah pemaparan materi selesai, kami juga berkesempatan untuk melontarkan pertanyaan kepada Narasumber, jadi setelah pulang dari sini Kami merasa lebih siap untuk melakukan aksi nyata nya, dengan cara mulai berani aktif mengunggah atau membagikan konten positif di media sosial, mempunyai motivasi baru untuk menulis karya, mendapat arahan baru untuk projek kami, yaitu Membuat Buku tentang SMPN 2 Candi yang kini prosesnya sudah mencapai 35-40 %. Nah, untuk tambahan informasi, memang pada dasarnya tujuan dan harapan dari terlaksananya acara pada hari ini adalah supaya siswa SPENDADI, terutama peserta kegiatan Diklat Jurnalistik 2024 bisa menambah wawasannya tentang ilmu dasar Jurnalistik di Era digital memanfaatkan media sosial, memberi dukungan kepada seluruh peserta dari siswa untuk semakin bersemangat dalam berkarya menggunakan telepon genggam ini, dan semakin bijak untuk mewujudkan Generasi SPENDADI yang gemar literasi, seperti tema acara Diklat Jurnalistik yang telah ditentukan bersama, yaitu Cinta Jurnalistik menuju Generasi Berliterasi.

Foto bersama kegiatan diklat Jurnalistik di Era Digital.
Foto bersama kegiatan diklat Jurnalistik di Era Digital.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image