Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Pentingnya Pendidikan dan Literasi Keuangan bagi Siswa

Pendidikan dan Literasi | Friday, 19 Apr 2024, 15:19 WIB
Sumber: validnews.id

Pengetahuan tentang ilmu seperti matematika, sosial, hingga bahasa merupakan hal dasar yang dipelajari di dalam dunia pendidikan. Namun, seringkali aspek penting lainnya terabaikan. Salah satu aspek yang sering terabaikan adalah literasi keuangan. Mengapa aspek tersebut begitu penting untuk diperkenalkan kepada siswa?

Berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan yang dilakukan oleh OJK (2022), indeks literasi dan inklusi keuangan pelajar masing-masing sebesar 47,56 persen dan 77,80 persen yang di mana indeks tersebut berada di bawah indeks literasi dan inklusi keuangan secara nasional. Literasi keuangan tidak hanya membantu siswa untuk memahami konsep keuangan dasar seperti pengeluaran, pendapatan, dan investasi, tetapi juga mengajarkan tentang pentingnya menjaga keseimbangan keuangan dan pengelolaan keuangan yang lainnya yang dapat mempengaruhi kehidupan mereka di masa yang akan datang.

Di masa sekarang, keberadaan platform belanja online membuat gaya hidup beberapa masyarakat menjadi lebih konsumtif. Seringkali gaya hidup yang konsumtif tersebut diiringi dengan adanya peminjaman uang secara online. Adanya literasi keuangan bagi siswa dapat membentuk pola pikir siswa untuk mengambil sebuah keputusan mengenai keuangan pribadi mereka. Literasi keuangan dapat membuat siswa mampu untuk merencanakan masa depan keuangan mereka serta dapat mempersiapkan diri untuk mengadapi tantangan finansial di masa yang akan datang.

Sekolah memiliki peran penting dalam memberikan literasi keuangan bagi siswa. Melalui pendidikan literasi keuangan, sekolah dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan yang mereka butuhkan untuk membuat keputusan terhadap keuangan, termasuk memahami bagaimana mengelola uang, menghindari penipuan, dan memanfaatkan teknologi untuk mengelola keuangan mereka. Selain sekolah, peran orang tua juga sangat penting dalam memberikan pendidikan literasi keuangan. Orang tua merupakan sumber utama informasi tentang keuangan bagi siswa. Mereka dapat mengajarkan anak-anak mereka tentang pengetahuan keuangan dasar seperti menyimpang uang, menggunakan uang, dan pentingnya menabung.

Pendidikan literasi keuangan menjadi salah satu aspek yang bermanfaat bagi masa depan generasi mendatang. Adanya pendidikan literasi keuangan yang diberikan sekolah serta dukungan orang tua dapat membuat siswa mampu mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk merencanakan masa depan keuangan mereka dan mampu menghadapi tantangan finansial di masa yang akan datang. Dengan demikian, pendidikan literasi keuangan bagi siswa bukan hanya menjadi investasi untuk masa kini, tetapi juga menjadi investasi untuk masa depan yang lebih stabil dan sejahtera.

Penulis: Nazwa Putri Soekotjo (Mahasiswa Departemen Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya)

Referensi

(2023, November 25). Retrieved from kumparan.com: https://kumparan.com/berita-terkini/manfaat-penting-literasi-keuangan-bagi-siswa-atau-peserta-didik-di-sekolah-21e1bOBvKEu/full

Otoritas Jasa Keuangan. (2024, January 22). Retrieved from ojk.go.id: https://ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/siaran-pers/Pages/Pentingnya-Literasi-Keuangan-Bagi-Pelajar-OJK-Gelar-Edukasi-Keuangan-SMA-Se-Jaksel-.aspx

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image