Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lisa Aprilia

Bentuk Skill Menulis untuk Guru, MTsN 4 Bantul Hadirkan Jurnalis

Guru Menulis | Friday, 19 Apr 2024, 10:03 WIB

Bantul (MtsN 4 Bantul) - Sejumlah kurang lebih 78 guru MTsN 4 Bantul mengikuti In House Training (IHT) berlokasi di aula pada hari Jumat (19/4). IHT yang diadakan kali ini mengundang pembicara yaitu seorang mantan komisioner KPID DIY dan juga seorang jurnalis berita KR dan Harian Jogja, Febriyanto, S.I.Kom. Selain itu, turut menghadirkan pula H. Bramma Aji Putra, S.Kom., bagian Humas pada Kantor Wilayah Kementerian Agama DI Yogyakarta yang juga dikenal sebagai penulis 'Menembus Koran'.

Tujuan pengadaan IHT ini berupaya membentuk dan meningkatkan hard skill menulis pemberitaan dan menembus berita cetak bagi guru MTsN 4 Bantul. Tujuan tersebut dilatarbelakangi bahwa jumlah berita kegiatan atau pencapaian madrasah diakumulasi setiap tahunnya serta dilombakan di lingkungan wilayah DI Yogyakarta. MTsN 4 Bantul sendiri yang telah ditetapkan target jumlah 1200 berita oleh Sugeng Muhari--Kepala MTsN 4 Bantul--mulai melancarkan berbagai pembekalan dan diklat seperti IHT ini.

Sugeng mengajak para guru selain kewajiban mengajar, guru wajib memiliki hard skill menulis berita untuk menghidupkan publikasi madrasah. "Saya yakin bapak dan ibu guru sudah terbiasa menulis, sama halnya menulis materi. Namun perlu kita ketahui bahwa setiap tahunnya madrasah kita mengikuti lomba pemberitaan. Kita pasti menginginkan madrasah kita mendapatkan juara. Namun itu tidak bisa hanya dilakukan 2 orang saja. Kita harus bekerja bersama dan menyempatkan untuk menulis berita. Yang sederhana saja, misal kegiatan mengajar," tegas Sugeng pada sambutannya.

Baik Febriyanto maupun Bramma atau kerap disapa 'Mas Bram' menyampaikan pembekalan materi jurnalistik yang menarik. Materi yang disampaikan di antaranya meliputi dasar jurnalistik, media pemberitaan, dan kiat-kiat berita. Ditambahkan oleh Mas Bram, strategi agar tulisan berita tidak hanya mandek mengejar jumlah berita namun juga ditembuskan ke media cetak mumpuni sebagai portofolio skill guru. (liz)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image