Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Pengaruh PPN terhadap Ekonomi Masyarakat

Ekonomi Syariah | Tuesday, 16 Apr 2024, 19:11 WIB

PPN atau Pajak Pertambahan Nilai adalag salah satu jenis pajak yang dikenakan pada barang dan jasa yang dibeli oleh konsumen. PPN biasanya ada pada setiap tahap produksi dan distribusi, sehingga pajak ini akan meningkat seiring dengan nilai tambah yang diberikan oleh setiap tahap produksi. PPN sangat berpengaruh terhadap ekonomi masyarakat,pasalnya semakin tinggi PPN maka akan menghasilkab harga barang dan jasa menjadi lebih mahal dan bisa saja akan mengurangi daya beli atau daya minat masyarakat terhadap barang atau jasa tersebut.

PPN biasanya berdampak pada harga barang dan jasa, inflasi dan daya beli masyarakat. Biasanya PPN terdapat pada barang barang konsumsi seperti barang elektronik, pakaian, perabotan rumah tangga, makanan yang ada direstoran/cafe, dan lainnya. Perhitungan PPN yaitu 11% dari jumlah harga barang dan jasa yang kita beli,namun di tahun 2025 akan terjadi kenaikan persentasi PPN yaitu menjadi 12%. Mungkin saja hal ini akan menjadi perdebatan bagi beberapa orang,karena tidak semua orang mempunyai uang yang cukup untuk membeli sesuatu namun harus mengeluarkan sebesar 12% dari jumlah barang dan jasa yang dibeli agar bisa mempunyai barang dan jasa tersebut.

Tetapi PPN juga memiliki beberapa manfaat bagi ekonomi masyarakat. PPN akan menjadi sumber pendapatan yang signifikan dan pendapatan ini akan bisa kita peroleh melalui peningkatan pembangunan fasilitas yang akan kita rasakan seperti jalanan umum,transportasi umum dan lainnya. Selain itu, dengan adanya PPN ini sudah seharusnya membuat para konsumen untuk lebih bisa mengatur keuangan nya dengan hanya membeli kebutuhan sesuai dengan yang benar benar dibutuhkan daripada hanya diinginkan saja sehingga bisa lebih bijaksana lagi dalam mengelola keuangannya.

Pemerintah perlu melakukan kebijakan yang lebih tepat,karena PPN memang akan memberikan manfaat bagi perekonomian negara tapi juga bisa memberikan dampak negatif bagi masyarakat apabila PPN tersebut terlalu tinggi. Karena PPN yang terlalu tinggi maka akan menyebabkan inflasi yang tinggi pula dan akan menyebabkan daya beli masyarakat dan merugikan sektor bisnis.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image