Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image putri anum

Pariwisata sebagai Pendapatan Negara

Wisata | Monday, 15 Apr 2024, 12:24 WIB

Pariwisata memegang peranan yang sangat penting dalam perkembangan perekonomian di Indonesia. Mengapa begitu? Karena di Indonesia merupakan negara dengan kepulauan yang beragam destinasi alam, budaya, Sejarah, serta kuliner yang mempunyai potensi yang cukup besar untuk dimanfaatkan sebagai sektor pariwisata untuk penggerak atau menambah pendapatan di Indonesia.

Pariwisata juga berkontribusi dalam menambah pendapatan negara. Tidak hanya itu, pariwisata juga memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan sektor-sektor lainnya. Industry pariwisata menciptakan lapangan kerja bagi Masyarakat. Dengan banyaknya lapangan kerja maka dapat pula mengurangi Tingkat kemiskinan. Dan pendapatan juga semakin bertambah Ketika tenaga kerja semakin banyak. Banyak sekali pariwisata di Indonesia yang sering kali dikunjungi Masyarakat Indonesia maupun warga asing.

Tidak hanya orang Indonesia yang sering berkunjunng, akan tetapi warga asing juga banyak yang bekunjung untuk menikmati indahnya wisata di Indonesia. Contonya seperti :

Pariwisata Pantai, menjadi salah satu program yang dapat menjadikan negara bertambah pendapatannya. Indonesia merupakan negara yang banyak pulau dan memiliki banyak Pantai. Oleh karena itu, pemerintah memanfaatkan hal itu sebagai sumber pendapatan dengan cara membangun wisata. Wisata dibangun semenarik mungkin agar para wisatawan berkunjung baik dari dalam maupun luar negeri.

Darimana pendapatan nya berasal? Banyak yang dihasilkan dari wisata Pantai ini. Yang pertama, bisa diambil dari pajak pariwisatanya. Pemerintah dapat mengenakan pajak khusus wisatawan yang mengunjungi destinasi Pantai. Pajak ini juga dapat dikenakan atas pembelian barang dan jasa diakomodasi, transportasi local, dan bahkan destinasi wisatanya. Yang kedua, tiket masuknya. Dibeberapa destinasi Pantai, pemerintah bisa menerima pendapatan dari tiket destinasi wisata popular seperti taman nasional pesisir dan Kawasan rekreasi alam lainnya.

Pariwisata budaya, destinasi dengan warisan budaya yang kaya, termasuk didalamnya situs bersejarah, museum, dan festival budaya lainnya. Pemerintah dapat menerima pendapatannya dari pajak tiket masuk, souvenir, layanan terkait, penyewaan bagi turing yang berkunjung dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, pariwisata budaya juga sering digunakan untuk acara-acara nonformal yang diadakan turing maupun non-turing seperti acara pameran seni, pertunjukan, maupun festival lainnya. Nah dari sini lah pendapatan dapat semakin bertambah.

Jadi dari sinilah salah satu pendapatan negara dapat bertambah. Tidak hanya pajak, bea cukai, ekspor, akan tetapi dibidang isndustri pariwisata juga dapat menambah pendapatan negara di Indonesia.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image