Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image jok

Studi: Penuaan Lebih Cepat Tingkatkan Risiko Kanker

Gaya Hidup | Wednesday, 10 Apr 2024, 18:43 WIB
Kanker menjadi salah satu ancaman kesehatan bagi pria dan wanita. Foto: iStock via technologynetworks.

GENERASI yang lebih muda menua dengan lebih cepat, dan ini dapat meningkatkan risiko kanker. Demikian sebuah penelitian baru menyimpulkan.

Orang yang lahir pada tahun 1965 atau setelahnya memiliki kemungkinan 17% lebih tinggi untuk mengalami penuaan yang lebih cepat dibandingkan dengan para lansia yang lahir antara tahun 1950 dan 1954, para peneliti menemukan.

Penuaan yang lebih cepat ini terkait dengan risiko lebih tinggi terhadap beberapa jenis kanker di antara orang dewasa yang berusia di bawah 55 tahun, yang juga dikenal sebagai kanker awal, hasil penelitian menunjukkan.

"Beberapa jenis kanker semakin umum terjadi di antara orang dewasa muda di Amerika Serikat dan secara global," kata peneliti Ruiyi Tian, seorang mahasiswa doktoral di Fakultas Kedokteran Universitas Washington di St. Louis, dalam sebuah rilisnya. "Memahami faktor-faktor yang mendorong peningkatan ini akan menjadi kunci untuk meningkatkan pencegahan atau deteksi dini kanker pada generasi yang lebih muda dan masa depan," tambahnya.

Untuk studi ini, para peneliti menganalisis data darah untuk hampir 149.000 orang yang berpartisipasi dalam proyek Biobank Inggris.

Tim peneliti menggunakan seperangkat sembilan biomarker yang ditemukan dalam darah untuk menghitung usia biologis setiap orang, atau usia perkiraan berdasarkan kondisi tubuh mereka.

Mereka kemudian membandingkannya dengan usia sebenarnya seseorang berdasarkan tanggal lahir mereka, serta kanker apa pun yang menyerang mereka.

Untuk setiap peningkatan satu unit dalam penuaan yang lebih cepat, peneliti menemukan peningkatan risikosebagai berikut.

42% untuk kanker paru-paru awal.

22% untuk kanker saluran pencernaan awal.

36% untuk kanker rahim awal.

Penuaan yang lebih cepat juga terkait dengan peningkatan risiko 16% terhadap kanker saluran pencernaan yang terjadi pada usia lebih lanjut dan peningkatan risiko 23% terhadap kanker rahim yang terjadi pada usia lebih lanjut di antara orang dewasa yang lebih tua.

"Dengan memeriksa hubungan antara penuaan yang lebih cepat dan risiko kanker awal, kami memberikan perspektif baru tentang penyebab bersama kanker awal," kata Tian.

"Jika divalidasi, temuan kami menyarankan bahwa intervensi untuk memperlambat penuaan biologis bisa menjadi pendekatan baru untuk pencegahan kanker, dan upaya penapisan yang disesuaikan untuk individu muda dengan tanda-tanda penuaan yang lebih cepat bisa membantu mendeteksi kanker secara dini," jelasnya.

Tim peneliti akan mencoba mencari informasi mengapa orang dewasa muda menua dengan lebih cepat, dan mengapa hal tersebut meningkatkan risiko kanker mereka.***

Sumber: United Press International

--

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image