Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image jok

Mengisi Libur dengan Aktivitas Positif dan Produktif

Gaya Hidup | Tuesday, 09 Apr 2024, 17:13 WIB
Banyak aktivitas positif yang bisa dilakukan saat liburan. Foto: hr.mcmaster.ca.

MENDAPATKAN jatah libur lumayan panjang pada momen Lebaran adalah berkah tersendiri. Apalagi bagi kalian yang sehari-hari demikian sibuk.

Selain pulang kampung, kemudian bersilaturahim dengan keluarga dan kerabat, libur Lebaran bisa juga kalian isi dengan aneka aktivitas positif nan bermanfaat.

Jika kalian masih bingung ihwal aktivitas apa saja yang bisa dilakukan untuk mengisi libur Lebaran kalian, berikut beberapa aktivitas yang mungkin kalian bisa coba lakukan.

Mengenal budaya lokal

Pulang kampung saat Lebaran bisa kalian manfaatkan untuk lebih mengenali budaya lokal. Kalian bisa menghadiri pertunjukan musik tradisional, galeri seni atau sekadar jalan-jalan kulineran untuk icip-icip masakan lokal.

Menjelajah alam

Suka dengan aktivitas luar ruangan yang sedikit menantang? Kenapa tidak mencoba mendaki bukit, gowes ke hutan, susur gua atau kayaking untuk mengisi waktu liburan.

Menjadi sukarelawan

Yang menyukai aktivitas sosial dan kesukarelawanan, dapat ikut membantu kegiatan amal dan sukarela yang diadakan oleh komunitas-komunitas tertentu semasa momen libur Lebaran. Misalnya saja bergabung dengan proyek penitipan hewan peliharaan atau proyek pengaman perlintasan jalan.

Melakukan perawatan diri

Rileksasi untuk perawatan diri bisa menjadi opsi untuk mengisi libur Lebaran. Spa, yoga dan meditasi adalah beberapa aktivitas yang dapat kalian lakukan dalam hal ini.

Menekuni hobi

Beberapa hobi yang sempat kalian tinggalkan karena kesibukan dapat kembali kalian tekuni pas libur Lebaran.

Jelajah detinasi unik

Banyak tempat yang memiliki keunikan dan mungkin tersembunyi dari perhatian publik. Kalian bisa mengeksplorasi tempat-tempat yang memiliki keunikan ini selama libur Lebaran di kampung halaman.

Membaca buku

Buku adalah jendela dunia. Libur Lebaran dapat kalian isi untuk memperluas wawasan dengan jalan membaca buku-buku bermutu.

Banyak hal positif dan produktif yang kalian dapat lakukan selama melakoni libur Lebaran. Libur tak berati kalian cuma leha-leha bermalas-malasan. Isilah liburan dengan aktivitas-akivitas yang bermanfaat. Sehingga liburan kalian membawa dampak positif bagi diri kalian, syukur-syukur juga bagi orang lain.***

--

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image