Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Khairani Rusmanna

Dampak APBN Terhadap Perekonomian Masyarakat

Edukasi | Tuesday, 09 Apr 2024, 01:57 WIB
Sumber : Google

APBN adalah suatu instrumen kebijakan fiskal yang digunakan oleh pemerintah untuk mengatur penerimaan dan pengeluaran negara dalam suatu periode waktu tertentu. Fungsi APBN sangat penting dalam menjaga stabilitas ekonomi dan memastikan pelayanan publik serta pembangunan berjalan lancar.

Tujuan penyusunan APBN adalah sebagai pedoman pengeluaran dan penerimaan negara agar terjadi keseimbangan yang dinamis dalam rangka melaksanakan kegiatan-kegiatan kenegaraan.
Kegiatan kenegaraan dilaksanakan demi tercapainya peningkatan produksi, peningkatan kesempatan kerja, pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Pada akhirnya hal tersebut agar tercapainya masyarakat yang adil dan makmur secara material maupun spiritual sesuai Pancasila dan UUD 1945.


Instrumen kebijakan yang dapat dilakukan pemerintah melalui APBN, yakni dapat dilakukan baik dari sisi penerimaan maupun sisi belanja.
Dari sisi penerimaan, pemerintah dapat mendorong kegiatan perekonomian melalui kebijakan pemberian insentif perpajakan. Kebijakan ini akan mendorong peningkatan aktivitas konsumsi dan investasi.
Sementara itu dari sisi belanja, kebijakan alokasi anggaran diharapkan dapat secara langsung mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi dalam rangka mengatasi masalah pengangguran dan kemiskinan.


Dan ada beberapa dampak APBN terhadap perekonomian masyarakat yang saya ketahui :


1. Stabilitas keuangan dan investasi
Pengaruh APBN terhadap perekonomian Indonesia selanjutnya yakni sebagai stabilitas keuangan. APBN yang sehat dan terkelola dengan baik dapat menciptakan iklim investasi yang stabil. Ini dapat menarik investasi swasta dan asing, memberikan keyakinan kepada pelaku bisnis untuk mengembangkan usaha mereka.


2. Konsumsi dan investasi
Melalui APBN, pemerintah dapat memengaruhi tingkat konsumsi dan investasi masyarakat. Program stimulus ekonomi yang mencakup insentif pajak atau bantuan keuangan dapat meningkatkan daya beli masyarakat dan mendorong aktivitas ekonomi.


3. Pembukaan lapangan kerja
Pengaruh APBN terhadap perekonomian Indonesia kedua adalah sebagai pembuka banyak lowongan kerja. Program-program yang didanai oleh APBN, terutama yang terkait dengan pembangunan infrastruktur, dapat menciptakan lapangan kerja baru.


4. Pertumbuhan ekonomi
Dampak APBN terhadap kegiatan ekonomi masyarakat adalah salah satunya mendorong pertumbuhan ekonomi. APBN yang diarahkan pada pembangunan infrastruktur, peningkatan produktivitas, dan dukungan terhadap sektor-sektor ekonomi tertentu dapat merangsang pertumbuhan ekonomi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image