Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Bhenu Artha

Peran Masyarakat Sipil Penting untuk Bangun Demokrasi Substantif

Agama | Saturday, 06 Apr 2024, 21:00 WIB
Prof Edy Suandi Hamid memberikan sambutan dalam acara Silaturahim Ramadhan ICMI DIY

Apapun arah politik ke depan, peran dari gerakan moral masyarakat sipil sangat penting dalam rangka membangun demokrasi yang substansial. Gerakan masyarakat madani, termasuk dari kampus, di daerah-daerah maupun pusat harus berperan untuk melakukan koreksi dan mengawal kinerja pemerihtahan yang ada supaya tidak melenceng dari semua regulasi dan norma yang ada.

Demikian disampaikan Ketua Dewan Pakar Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang juga Rektor Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec. dalam pembukaan acara Silaturahim Ramadhan yang diadakan ICMI DIY, Sabtu (6/4) di Hotel Loman Yogyakarta. Bertindak sebagai pembicara Mantan Menko Polhukam Prof. Dr. Mahfud MD, S.H., S.U., Prof. Dr. Bambang Cipto, M.A., dan Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) DIY terpilih Ir. Ahmad Syauqi Soeratno, M.M.

Prof Mahfud MD, Ir. Ahmad Syauqi Soeratno, MM berfoto bersama para delegasi ICMI

Dalam acara yang dihadiri Ketua ICMI DIY Prof. Mahfud Solihin, Ph.D., Ak., CA., CPA (Aust) dan sekitar 40 Pengurus ICMI DIY tersebut Prof Edy menyampaikan, walau Pilpres dan Pileg sudah usai, namun menyisakan banyak masalah, dan masih berjalan di Mahkamah Konstitusi.

"Namun apapun hasilnya harus diterima. Hanya saja kontrol dari elemen masyarakat sipil harus berjalan. Tak cukup dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) atau Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) saja," tegasnya. Ini, ujarnya, agar dalam proses berjalannya pemerintahan, dan juga saat Pemilu tidak terjadi perilaku yang brutal dan melegalkan berbagai pelanggaran.

Silaturahim Ramadhan ICMI DIY

Oleh karena itu, menurut Rektor UWM ini, ICMI sebagai insan intelektual harus peduli dan terlibat aktif mengawal dan memberikan masukan untuk supaya Pemerintahan berjalan baik. "Juga harus terlibat membantu pemikiran masalah regional DIY yang tingkat kemiskinan relatif tinggi," kata Prof Edy Suandi Hamid.

Dalam kesempatan tersebut Guru Besar UMY Prof Bambang Cipto menyatakan, demokasi Indonesia masuk kategoro demokrasi yang cacat (flawed democracy). Proses demokrasi berjalan tidak baik dan dipengaruhi para oligarki yang berada di belakang politisi dan pengambil kebijakan.

Prof Mahfud Solihin dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini diadakan di samping untuk bersilaturahim juga untuk memberikan pencerahan tentang situasi sosial politik terakhir. "Kota bersyukur acara ini dapat menghadirkan figur nasional Prof Mahfud MD," ujarnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image