Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sindi larasati

Dampak Inflasi Terhadap Kesejahteraan Ekonomi dan Sosial Masyarakat

Pendidikan dan Literasi | Friday, 05 Apr 2024, 20:30 WIB

Inflasi adalah kenaikan harga barang dan jasa secara umumdan terus menerus dalam jangka waktu terntentu. Kenaikanharga dari satu atau dua barang saja tidak dapat disebutdengan inflasi, kecuali kenaikan itu meluas ataumengakibatkan kenaikan harga pada barang lainnya.

Contohnya seperti, kenaikan harga BBM yang mengakibatkanbiaya produksi naik dan berdampak pada kenaikan hargabarang dan jasa yang dihasilkan. Tidak hanya itu, kenaikanharga seperti telur, cabai, dan daging ayam juga termasukinflasi di Indonesia.

Inflasi yang merupakan peningkatan umum dan berkelanjutandalam harga barang dan jasa memiliki dampak yang signifikan terhadap kesejahteraan ekonomi dan sosialmasyarakat. Dampak ini dapat dirasakan oleh semuamasyarakat, baik individu ataupun bisnis besar, yang mempengaruhi berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Adapun beberapa dampak inflasi terhadap kesejahteraan ekonomi dan sosial masyarakat, antara lain:

Pertama, Peningkatan Harga Kebutuhan Pokok. Inflasicenderung memberikan dampak yang lebih besar pada hargakebutuhan pokok, seperti makanan, perumahan dan pelayanankesehatan. Ketika harga kebutuhan pokok meningkat akibatinflasi, daya masyarakat menurun karena mereka harusmengeluarkan lebih banyak uang untuk kebutuhan dasarmereka. Peningkatan harga kebutuhan pokok juga dapatmeningkatkan kemiskinan dalam masyarakat. Karena merekayang sudah berada dibawah garis kemiskinan tentunya merasakesulitan untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka denganterjadinya peningkatan harga yang signifikan.

Kedua, Ketidaksetaraan Sosial. Dampak inflasi tidak meratadi semua lapisan masyarakat. Masyarakat yang memilikipendapatan rendah atau tidak tetap merasa kesulitan denganterjadinya peningkatan harga, sementara mereka yang memiliki pendapatan lebih tinggi mungkin mampumenanggung dampak inflasi dengan lebih baik. Ini dapatmeningkatkan kesenjangan sosial dan ekonomi antaramasyarakat.

Ketiga, Meningkatnya Pengangguran. Kenaikan harga barangdan jasa sering kali membuat perusahaan merasa terbebanidengan biaya produksi yang lebih tinggi. Untuk mengurangibiaya tersebut, perusahaan memutuskan untuk memPHKsebagian karyawan dan menunda rekrutmen karyawan baru. Akibatnya, tingkat pengangguran meningkat sertamenyebabkan tekanan sosial dan ekonomi bagi masyarakatyang terkena dampaknya.

Inflasi memiliki dampak yang luas dan signifikan terhadapkesejahteraan ekonomi dan sosial masyarakat. Denganmengetahui dampak-dampak ini, seharusnya pemerintah dan lembaga terkait bisa mengambil langkah-langkah yang tepatuntuk mengendalikan inflasi dan melindungi kesejahteraanmasyarakat dari dampak negatifnya. Dengan demikian, pengelolaan inflasi dengan cermat merupakan bagian pentingdalam memastikan kesejahteraan ekonomi dan sosialmasyarakat secara keseluruhan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image